Wajib Tau! Segala Hal Tentang Lapangan Sepak Bola Yang Jadi Pedoman FIFA

Lapangan Sepak Bola – Sepak bola merupakan olah raga yang paling populer seantero jagad. Di belahan dunia mana pun pasti kita akan jumpai lapangan sepak bola.

Permainan sepak bola merupakan olah raga yang sederhana dan tidak terlalu banyak membutuhkan peralatan untuk dimainkan. Berbekal bola dan ruang lapang, permainan sepak bola dapat dilakukan.

Akan tetapi, jika berbicara sepak bola sebagai olah raga profesional, tentu saja ada standar dalam menentukan ukuran lapangan. Ukuran lapangan yang telah memenuhi stadar yang di tentukan oleh induk olah raga sedunia untuk sepak bola FIFA.

Dalam artikel ini penulis akan menjelaskan standar lapangan dan penjelasan secara rinci. Menjelaskan bentuk, area permainan dan fungsinya masing masing. Berikut kami sajikan apa saja yang menjadi bagian dari lapangan sepak bola.

Bentuk dan Area Permainan Lapangan Sepak Bola

bentuk dan area lapangan permainan sepak bola

Lapangan pertandingan sepak bola adalah permukaan lapang dan datar yang digunakan untuk memainkan pertandingan sepak bola. Permukaan lapangan biasanya berupa rumput alami atau rumput sintetis.

Bentuk Lapangan Sepak Bola

lapangan sepak bola termegah

Bentuk lapangan bola adalah persegi panjang. Bentuk lapangan tersebut menjadi standar yang telah ditentukan. Jika dihitung luas keseluruhan lapangan adalah 11.000 meter persegi.

Terbagi menjadi beberapa area permainan. Memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berikut penjelasan masing masing area yang terdapat dalam lapangan.

Area Tengah Lapangan

area tengah lapangan sepak bola

Terdapat garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian. Selain itu juga terdapat lingkaran yang tepat tepat di tengah lapangan.

Ditengah lingkaran tersebut terdapat titik yang biasa digunakan untuk melakukan sepak mula atau kick off pertandingan.

Area Gawang dan Kotak Penalti

Terdapat gawang di kedua sisi lapangan. Biasanya terdapat jaring gawang yang dipasang saat pertandingan sepak bola. Kemudian area kotak penalti yang berada di area di kedua sisi lapangan, biasa disebut dengan penalty area.

Letak penalty area tepat di depan gawang. Bentuk area kotak penalti adalah persegi panjang. Didalam area penalti terdapat kotak kecil yang biasa disebut goal area.

Selain itu, didalam area penalti terdapat titik penalti. Titik penalti digunakan sebagai titik untuk meletakkan bola saat terjadi tendangan penalti.

Area Corner atau Area Sudut Lapangan Sepak Bola

area corner sepak bola

Selanjutnya di bagian sudut kiri dan kanan lapangan, yang terletak di samping area penalti terdapat area corner. Area corner ditandai dengan garis lengkung yang ada di sudut. Di setiap sudut tadi terdapat bendera yang ditancapkan dengan menggunakan tongkat kecil.

Area corner inilah biasanya pemain sepak bola melakukan tendangan sudut atau sepak pojok.

Standar Ukuran Lapangan Sepak Bola

stadion lapangan sepak bola

Lapangan bola merupakan arena sebuah pertandingan berlangsung. Tentu saja sebagai olah raga resmi, terdapat standar ukuran lapangan. FIFA sebagai induk olah raga ini telah mengaturnya dalam Laws of the Game (LOTG), peraturan sepak bola.

Terdapat sedikit perbedaan antara ukuran lapangan standar internasional dan standar nasional. FIFA telah menentukan ukuran standar lapangan secara internasional. Akan tetapi, di kompetisi secara nasional, ukuran lapangan bisa ditentukan sendiri oleh federasi sepak bola nasional.

Walaupun sedikit terdapat perbedaan, akan tetapi ukuran yang ditentukan masih dalam standar yang telah ditentukan FIFA.

Berikut ini penjelasan secara rinci tentang ukuran lapangan sepak bola.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

lapangan sepak bola beserta ukurannya

Ukuran lapangan standar internasional adalah ukuran yang diakui dan ditetapkan oleh FIFA sebagai acuan dalam menentukan ukuran lapangan. Seluruh pertandingan internasional seperti pertandingan antar negara atau Piala Dunia menggunakan standar ukuran lapangan yang telah ditentukan. Berikut ini adalah ukuran lapangan sepak bola Internasional.

  • Panjang lapangan standar internasional adalah minimum 100 meter dan maksimum 110 meter.
  • Lebar lapangan standar internasional adalah minimum 64 meter dan maksimum 75 meter.
  • Ukuran radius lingkaran tengah lapangan standar internasional adalah 9,15 meter (915 cm).
  • Diameter lingkaran tengah lapangan standar internasional adalah 18,30 meter
  • Ukuran area penjaga gawang atau goal area :
    Panjang 18.30 meter.
    Lebar : 5,5 meter.
  • Ukuran kotak penalti atau area penalti standar internasional :
    Panjang : 40,3 meter.
    Lebar : 16,5 meter.
  • Titik penalti berjarak 11 meter dari garis gawang.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional

ukuran lapangan sepak bola lengkap

Ukuran lapangan standar nasional di tentukan oleh PSSI sebagai induk olahraga sepak bola di Indonesia. Terdapat sedikit perbedaan dengan ukuran standar lapangan yang ditentukan FIFA. Namun, perbedaan tersebut masih dalam standar FIFA.

Berikut adalah ukuran lapangan sepak bola nasional di Indonesia.

  • Panjang lapangan standar nasional adalah 90 meter sampai 120 meter (9000 cm sampai 12000 cm)
  • Lebar lapangan standar nasional adalah 45 meter sampai 90 meter (4500 cm sampai 9000 cm).
  • Ukuran radius lingkaran tengah lapangan standar nasional adalah 9,15 meter (915 cm).
  • Diameter lingkaran tengah lapangan standar nasional adalah 18,30 meter
  • Ukuran area penjaga gawang atau goal area :
    Panjang 18.30 meter.
    Lebar : 5,5 meter.
  • Ukuran kotak penalti atau area penalti lapangan standar nasional :
    Panjang : 40,3 meter.
    Lebar : 16,5 meter.
  • Titik penalti berjarak 11 meter dari garis gawang.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Tarkam (Kompetisi antar Desa)

Tidak ada ukuran baku atau mengikat dalam menentukan ukuran lapangan Antar Kampung (Desa). Kompetisi yang diadakan pun biasanya hanya berupa turnamen tingkat amatir.

Akan tetapi, untuk garis area permainan, gawang, area corner dan bendera corner tetap tersedia. Hanya ukuran lapangan yang biasanya tidak sesuai standar FIFA maupun nasional. Ukuran lapangan cenderung lebih kecil dan permukaan rumput yang seadanya.

Namun seiring perkembangan, terdapat Desa yang berinisiatif untuk membangun lapangan sepak bola standar nasional. Lapangan bertaraf nasional tersebut dibangun di Dusun Babakan Sukarame, Cantiga, Cisayong Keler, Cisayong Kidul, Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Lapangan bola yang dibangun di atas lahan milik Desa tersebut memiliki ukuran 93 x 54 meter dan ditanami rumput jenis zoysia matrella (rumput manila). Lapangan ini masuk dalam kategori lapangan sepak bola berstandar nasional untuk U-16.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Mini

Lapangan bola mini biasanya digunakan untuk latihan atau bertanding pemain sepak bola usia muda. ukuran lapangan yang digunakan jauh berbeda dengan ukuran lapangan resmi. Hal tersebut tentu saja berkaitan dengan pemain yang masih anak-anak atau usia sekolah dasar dan menengah pertama.

Durasi permainan sepak bola pun hanya 40 menit, yang dibagi menjadi dua babak. Masing-masing babak berdurasi 20 menit. Terdapat waktu jeda istirahat 10 menit diantara babak.

Lapangan untuk permainan sepak bola mini berbentuk persegi panjang. Ukuran panjang lapangan adalah 60 meter dan lebar 40 meter. Ukuran area permainan seperti lingkaran tengah lapangan, kotak penalti dan lainnya disesuiakan dengan ukuran lapangan.

Fungsi Garis Lapangan Sepak Bola

Garis lurus, lengkung dan titik yang terdapat di dalam lapangan memiliki fungsi dalam mengatur permainan sepak bola. Garis dan titik tersebut digunakan untuk menentukan permulaan permainan, bola out, pelanggaran serta sanksi berdasarkan letak dimana kejadian tersebut terjadi.

Garis Lapangan Utama

keliling lapangan sepak bola

Garis yang paling penting dalam lapangan sepak bola. Garis ini berfungsi sebagai batas area permainan sepak bola. Garis lapangan utama adalah berbentuk persegi panjang.

Terdapat aturan baku untuk lebar garis lapangan. Peraturannya lebar garis lapangan tidak boleh lebih dari 12 cm, hal ini berlaku secara universal.

Tidak hanya berlaku untuk garis lapangan utama, seluruh garis yang ada di lapangan juga harus mengikuti ukuran baku ini.

Garis Lingkaran Tengah Lapangan

Garis Lingkaran lapangan tengah berfungsi menjadi batas pemain lawan saat terjadi sepak mula atau kick off. Saat dilakukan kick off, kedua tim harus berada di area lapangan masing-masing. Selain itu, pemain lawan harus berada di luar area lingkaran tengah lapangan.

Kick off akan dilakukan tepat di area lingkaran tengah lapangan. Bola akan diletakkan di atas titik yang tepat berada di tengah lingkaran.

Kotak Penalti

Kotak penalti atau biasa di sebut kotak 16 merupakan area penjaga gawang bebas menggunakan tangannya untuk menyentuh bola. Area dimana jika terjadi pelanggaran oleh pemain bertahan akan dihukum dengan tendangan penalti. Akan tetapi ada jenis pelanggaran lain yang akan menghasilkan tendangan bebas tidak langsung.

Di dalam kotak penalti terdapat titik putih. Titik tersebut dinamakan titik penalti. Titik dimana eksekusi tendangan penalti dilakukan. Hukuman penalti diberikan akibat pemain bertahan melakukan pelanggaran atau menyentuh bola di dalam kotak penalti.

Area Penjaga Gawang atau Goal Area

Area penjaga gawang atau gol area adalah area berbentuk persegi panjang yang ada didalam kotak penalti. Fungsi area ini menjadi tempat untuk melakukan tendangan gawang oleh kiper atau pemain lain setelah bola meninggalkan lapangan.

Selain itu, area ini merupakan area yang spesial untuk penjaga gawang. Saat terjadi perebutan bola di area ini kiper tidak bisa diganggu lawan. Hal tersebutlah yang menjadi dasar area ini disebut sebagai area penjaga gawang.

Lengkung Kotak Penalti

Saat terjadi eksekusi tendangan penalti, hanya penendang dan penjaga gawang yang boleh berada di dalam area kotak penalti. Sedangkan pemain lain akan berada di luar kotak penalti. Maka dari itu, terdapat garis lengkung di depan kotak penalti.

Garis lengkung yang terdapat di kotak penalti berfungsi sebagai batas saat terjadi eksekusi tendangan penalti. Garis tersebut dibuat melengkung untuk memastikan jarak antara bola dan pemain lain tetap 9.15m.

Sehingga tidak terjadi penumpukan pemain tepat didepan area kotak penalti yang bisa menggangu penendang saat tendangan penalti dilakukan.

Garis Batas Tendangan Penjuru

Garis batas tendangan penjuru berfungsi menjadi garis batas pemain bertahan saat terjadi tendangan sudut (sepak pojok). Tidak semua lapangan memakai garis ini, karena aturan garis batas tendangan penjuru memang tidak tercantum dalam Laws of the Game.

Jika sebuah lapangan tidak terdapat garis batas tendangan penjuru, wasit yang akan menentukan garis untuk batas pemain bertahan. Garis batas berjarak 9.15 m dari sudut lapangan.

Selain itu, disudut lapangan terdapat juga garis melengkung 1 meter yang digunakan sebagai batas bola saat dilakukan eksekusi tendangan sudut (sepak pojok).

Gawang Lapangan Sepak Bola

ukuran gawang dan lapangan sepak bola

Mencetak gol ke gawang lawan adalah tujuan akhir dari sebuah permainan sepak bola. Tim akan dinyatakan sebagai pemenang jika mampu mencetak gol lebih banyak dari tim lawan. Dalam pertandingan sepak bola, di masing-masing area permainan tim terdapat gawang.

FIFA telah menentukan ukuran standar gawang sepak bola yang digunakan secara universal. Ukuran standar yang digunakan dalam kompetisi resmi tingkat klub maupun antar negara. Berikut penjelasan standar ukuran gawang sepak bola dan bahan yang digunakan.

Standar Ukuran Gawang Sepak Bola

Standar ukuran gawang sepak berlaku bagi seluruh asosiasi yang berada di bawah naungan FIFA. Bisa jadi ukuran lapangan berbeda, tapi tidak dengan ukuran gawang. FIFA menetapkan ukuran panjang gawang sepak bola adalah 7,23 meter dangan tinggi gawang sepak bola adalah 2,44 meter.

Bahan yang digunakan untuk membuat tiang dan mistar gawang sepak bola adalah alumunium atau besi. Tiang dan mistar gawang sepak bola berbentuk sedikit lebih elips ketimbang bulat penuh.

Ukuran Gawang Lapangan Sepak Bola Mini

Namun untuk ukuran gawang lapangan sepak bola mini tentu saja berbeda. Ukuran gawang akan menyesuaikan ukuran lapangan sepak bola mini.

Ukuran gawang lapangan sepak bola mini memiliki panjang mistar gawang 5 meter dan tinggi gawang 2 meter. Titik penalti berjarak 9 meter dari garis gawang. Sedangkan ukuran kotak penalti adalah 12 x 13 meter.

Jaring Gawang Sepak Bola

Jaring gawang dalam permainan sepak bola merupakan salah satu elemen penting. Kita bisa dengan mudah mengidentifikasi apakah bola yang ditendang ke arah gawang masuk. Sehingga dapat mempermudah pengadil lapangan untuk mengambil keputusan.

Posisi jaring gawang akan dipasang di bagian belakang tiang gawang. Harus dipastikan bahwa jaring gawang melekat kuat pada tiang dan tanah. Sehingga bola yang masuk tidak dapat tembus keluar jaring.

Ukuran lebar atau lubang jaring gawang adalah 10 cm. Terbuat dari bahan serat plastik atau bahan yang kuat sehingga tidak mudah sobek. Ukuran tali yang digunakan biasanya berkisar antara 4-6mm.

Rumput Lapangan Sepak Bola

lapangan sepak bola
gettyimages

Dalam pertandingan sepak bola internasional rumput harus memenuhi kualitas yang ditentukan dalam FIFA Quality Concept for Football Turf. Dalam berkas tersebut penyelenggara pertandingan harus memenuhi semua persyaratan untuk mengadakan pertandingan sepak bola berkelas internasional.

Jenis Rumput Lapangan Sepak Bola

FIFA mewajibkan rumput lapangan sepak bola harus berjenis natural, sintesis, atau hybrid. Selain itu kualitas rumput harus sesuai standar kualitas dan bersertifikat. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu FIFA akan memberi dispensasi terkait rumput lapangan.

Ada berbagai macam jenis rumput natural, sintesis, dan hybrid yang digunakan. Namun, ada beberapa jenis yang lebih sering dan umum ditemui di stadion sepak bola.

Rumput Natural

Rumput natural pada lapangan sepak bola sudah digunakan sejak pertama kali sepak bola dimainkan. Akan tetapi seiring perkembangan teknologi rumput ini mulai ditinggalkan. Selain mudah rusak dibandingkan dengan rumput sintetis, biaya perawatan pun cenderung lebih mahal.

Akan tetapi, rumput natural masih menjadi pilihan dikarenakan memiliki resiko lebih kecil untuk membuat pemain terluka atau cidera.

Terdapat dua jenis rumput natural yang sering digunakan di dalam stadion sepak bola profesional. Jenis rumput tersebut adalah rumput manila (Zoysia matrella, ZM), dan rumput bermuda (Cynodon dactylon, CD). Kedua jenis rumput tersebut adalah rumput yang direkomendasikan oleh FIFA.

Penggunaan rumput natural di lapangan sepak bola tentu saja harus disesuaikan dengan iklim. Untuk negara seperti indonesia yang beriklim tropis dan memiliki curah hujan tinggi, jenis rumput alami yang cocok digunakan adalah rumput Bermudagrass. Sebab rumput ini mampu menyerap air lebih baik.

Bermudagrass memiliki nama ilmiah Cynodon dactylon. Selain dikenal dengan sebutan rumput bermuda juga biasa disebut rumput Bahama, doab, dubo, dhoob, adalah rumput yang dapat tumbuh dengan baik di bumi bagian timur.

Rumbut ini memiliki ciri warna hijau-kelabu. Daunnya dapat tumbuh hingga 2-15 cm dengan bagian tepian yang kasar. Bagian batang rumput dapat tumbuh hingga 1-30 cm.

Sedangkan untuk negara yang beriklim dingin seperti negara yang terletak di Eropa Timur lebih cocok menggunakan Bluegrass. Bluegrass adalah salah satu jenis rumput musim dingin. Rumput ini mampu tumbuh dengan baik di daerah bumi bagian utara yang cenderung dingin.

Salah satu jenis yang sering digunakan pada lapangan sepak bola adalah Kentucky Bluegrass. Berwarna hijau gelap lembut dan dapat tumbuh dengan sangat baik dalam naungan.

Rumput Sintetis

Dewasa ini rumput sintetis sudah mulai banyak digunakan berbagai negara untuk menggantikan rumput natural. Rumput sintetis merupakan rumput artifisial atau disebut juga Football Turf. rumput ini dipilih karena dianggap paling efisien.

Namun, tidak sembarang rumput yang bisa digunakan dalam pertandingan internasional. Lapangan yang menggunakan rumput ini harus mendapatkan sertifikasi dari FIFA tentang standarisasi kualitas rumput yang dipakai.

Tidak seperti rumput alami, rumput ini tidak terlalu mahal dalam perawatan. Sangat cocok dengan kondisi iklim apapun. Selain itu, tidak butuh dibiakkan terlebih dahulu sebelum digunakan di lapangan sepak bola.

Rumput Sintetis banyak digunakan di negara Eropa Timur dan negara yang beriklim dingin. Di Indonesia, baru lapangan ABC Gelora Bung Karno saja yang sudah menggunakan rumput sintetis standar FIFA. Lapangan tersebut merupakan lapangan bola di Jakarta.

Rumput Hybrid

lapangan sepak bola terbesar di dunia

Rumput hybrid adalah penggabungan sisi positif dari rumput alami dan kekuatan yang ditawarkan rumput sintetis. Hasilnya, permukaan lapangan akan lebih tahan dan solid sehingga dapat menambah durasi permainan.

Rumput hybrid sudah banyak digunakan di stadion bertaraf internasional. Stadion seperti Stanford Bridge, Old Trafford hingga Anfield telah menggunakan teknologi ini. Stadion tersebut bisa dianggap memiliki rumput lapangan terbaik di dunia. Deretan tim yang masuk dalam profil klub liga champions dengan raihan prestasi mereka di Eropa.

Salah satu cara kerjanya yaitu, serat sintetis akan disuntikkan sedalam 20 cm ke dalam rumput. Sehingga saat rumput alami tumbuh akan terjalin dengan serat sintesis. Teknologi ini menjanjikan struktur permukaan lapangan yang lebih solid dan drainase yang baik.

Drainase Lapangan Sepak Bola

Iklim dan cuaca adalah hal yang tidak dapat kita hindari. Curah hujan yang tinggi dapat mengakibatkan sebuah pertandingan sepak bola terganggu karena genangan air di lapangan. Maka dari itu, sebuah lapangan sepak bola membutuhkan drainase yang baik.

Banyak kita lihat pertandingan yang diselenggarakan di Indonesia mengalami penundaan pertandingan diakibatkan kondisi lapangan yang tergenang ketika hujan deras turun. Hal tersebut dapat mengganggu jadwal dan kondisi pemain.

Di Inggris, FA telah resmi menetapkan aturan yang harus dipenuhi lapangan sepak bola dalam menggelar sebuah pertandingan. Sebuah lapangan harus memiliki sistem drainase yang baik. Sehingga dapat menghilangkan air dari permukaan lapangan dengan cepat untuk mencegah terjadinya genangan.

Selain di Inggris, Australia juga sudah menerapkan aturan serupa untuk sistem drainase lapangan. Bahkan di Australia telah mengembangkan sistem jaringan irigasi sehingga memungkinkan lapangan selalu dalam kondisi bagus.

Sedangkan di Indonesia, sistem drainase mulai digunakan di Stadion Gelora Bung Karno. Lapangan sepak bola termegah yang di miliki Indonesia.

Bola dalam Permainan Sepak Bola

Bola adalah bola sepak bola yang digunakan dalam sebuah permainan sepak bola. Bola sepak bola juga biasa disebut bola bliter. Pada awalnya bola terbuat dari kulit asli. Seiring perkembangan zaman dan isu lingkungan, sekarang bola sepak bola menggunakan bahan kulit sintetis atau plastik.

Bentuk bola sepak bola harus bulat sempurna. Bola yang digunakan juga memiliki standar ukuran yang telah ditetapkan. Ukuran standar bola sepak bola yakni diameter 22-22,5 cm dan berat 410-450 gram.

Demikian penjelasan lengkap lapangan sepak bola. Semoga informasi yang kami bagikan dapat berguna dan bermanfaat sebagai media pembelajaran bersama. Sehingga kita tahu semua aspek yang ada dalam lapangan sepak bola.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *