in ,

[Terlengkap] Peraturan Sepak Bola Serta Penjelasannya

gettyimages

Peraturan Sepak Bola – Sepakbola merupakan cabang olahraga yang menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang berisikan 11 pemain masing-masing tim. Sebuah permainan tim yang dilakukan dengan cara menendang bola dimana tujuannya adalah untuk mencetak gol dengan cara memasukkan bola tersebut ke gawang lawan. Menjadi olahraga yang secara resmi dipertandingkan di tingkat internasional tentu saja dengan peraturan sepak bola yang telah ditentukan.

Menjadi cabang olahraga resmi yang dipertandingkan secara internasional sejak 1872. Dalam sepak bola terdapat peraturan yang membantu memahami tata cara permainan dalam sebuah pertandingan. Peraturan yang telah diterapkan di seluruh federasi sepak bola di bawah naungan FIFA.

Ebenezer Cobb Morley menjadi penggagas peraturan sepak bola atau Laws of the game, dia sering dianggap bapak sepakbola modern. Peraturan tersebut kemudian disahkan oleh FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris) pada tahun 1863 dan menjadi peraturan yang berlaku hingga saat ini. Inggris menjadi negara yang pertama kali membuat peraturan sepak bola.

Peraturan Lapangan Sepak Bola

Dalam Peraturan Sepak Bola, lapangan adalah tempat untuk melangsungkan sebuah pertandingan. Pada umumnya lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang. Ukuran lapangan bisa berbeda di setiap stadion, akan tetapi FIFA sudah menentukan ukuran standar untuk pertandingan Internasional. Berikut penjelasan mengenai ukuran lapangan sepak bola dan juga atribut yang ada didalamnya.

Peraturan Ukuran Lapangan Sepak bola

peraturan ukuran lapangan sepak bola
gettyimages

Aturan sepak bola tentang ukuran standar lapangan berlaku secara global. FIFA sudah menentukan ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan internasional. Seperti pertandingan sepak bola antar negara di dunia atau sering disebut dengan Piala Dunia dan turnamen internasional lainnya yang berada dibawah naungan FIFA. Berikut adalah ukuran standar internasional lapangan sepak bola.

Ukuran lapangan Sepak Bola Standar Internasional adalah ukuran yang sudah ditentukan oleh FIFA, seperti saat pertandingan Sepak Bola antar Negara di dunia atau Piala Dunia dan turnamen internasional lainnya, berikut ini detail ukurannya.

  • Ukuran panjang lapangan sepak bola minimal 100 meter dan maksimal 110 meter.
  • Ukuran lebar lapangan sepak bola minimal 64 meter dan maksimal 75 meter.
  • Lingkar tengah lapangan memiliki ukuran radius 9,15 meter (915cm).
  • Memiliki diameter lingkaran tengah lapangan 18,30 meter.
  • Ukuran kotak di area penjaga gawang memiliki panjang 18,30 meter dan lebar 5,5 meter.
  • Jarak titik penalti dan garis gawang yaitu 11 meter.
  • Ukuran kotak penalti yaitu memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter.
  • Ukuran garis lapangan sepak bola memiliki ketebalan 12 cm.

Peraturan Sepak Bola Ukuran Gawang dan Jaring Gawang

Peraturan gawang dan jaring bola
gettyimages

Gawang dalam sepak bola adalah tujuan akhir dalam sebuah permainan. Sebuah tim akan dinyatakan sebagai pemenang jika mampu mencetak gol lebih banyak ke gawang daripada tim lawan.

Adapun ukuran standar yang diterapkan dalam menentukan ukuran gawang dan jaring gawang sepak bola serta bahan yang digunakan, berikut penjelasannya:

Peraturan Ukuran Gawang Sepak Bola

Peraturan ukuran gawang permainan bola
gettyimages
  • Bentuk gawang sepak bola ialah persegi panjang, terdiri dari 2 tiang penyangga di sisi kiri-kanan yang dihubungkan dengan satu buah mistar gawang di atasnya.
  • Panjang mistar gawang yaitu 7,23 meter sedangkan tinggi tiang gawang adalah 2,44 meter.
  • Terdapat dua buah gawang dalam sebuah pertandingan sepak bola.
  • Bahan yang digunakan berdasarkan standar FIFA dalah terbuat dari besi atau bahan yang tidak membahayakan bagi pemain dan penjaga gawang.
  • Ukuran diameter mistar dan tiang gawang adalah 12 cm atau sama dengan ketebalan garis lapangan.

Peraturan Jaring Gawang Sepak Bola

jaring gawang sepak bola
gettyimages

Jaring gawang menjadi penting dalam sebuah permainan sepak bola untuk menentukan bola masuk ke gawang atau keluar. Tanpa jaring gawang kita akan kesulitan untuk mengidentifikasi tendangan keras dari arah samping. Sulit menentukan apakah bola yang ditendang tersebut masuk ke gawang atau melenceng keluar sasaran.

Jaring yang dipasang harus kuat dan tahan terhadap bola hasil tendangan yang masuk. Selain kuat, jaring gawang yang dipasang harus tidak menggangu penjaga gawang dan pemain. Berikut adalah ukuran dan bahan jaring gawang sepak bola:

  • Diameter bahan jaring yang digunakan 4mm.
  • Panjang jaring gawang menyesuaikan panjang mistar gawang 7,2 meter.
  • Tinggi jaring gawang sama juga dengan tinggi gawang 2,4 meter.
  • Lubang jaring gawang berukuran 14 x 14 cm.
  • Jaring ditanam dengan kedalaman 150 cm.
  • Bahan pembuat jaring HDPE (High Density Polyethylene).
  • Warna putih murupakan warna yang diwajibkan untuk digunakan.

Jenis Rumput Lapangan Sepak Bola

rumput lapangan sepak bola
gettyimages

Kualitas rumput di lapangan sepak bola mempengaruhi permainan yang tersaji di sebuah pertandingan. Kualitas rumput yang baik akan sangat membantu menyajikan permainan sepak bola yang mengalir dan atraktif.

Terdapat beberapa rumput yang digunakan di lapangan sepak bola. Rumput-rumput tersebut terkadang juga dikombinasikan dengan rumput sintesis yang telah menggunakan teknologi yang terbarukan. Berikut ini jenis rumput yang biasa digunakan:

Rumput Zoysia Matrella (ZM)

rumput manila sepak bola
gettyimages

Zoysia matrella lebih dikenal sebagai rumput Manila. Memiliki daun runcing, warna hijau pekat dan rigiditas yang rapat. Memiliki akar yang kuat membuat rumput jenis ini aman untuk digunakan dalam sebuah pertandingan sepak bola yang mana intensitas bersentuhan langsung dengan spul sepatu para pemain tinggi.

Memiliki elastisitas yang sangat baik serta menggunakan media pasir untuk menanamnya. Karena elastisitas dan tekstur akar yang kuat tersebut membuat aliran bola sempurna menggelinding tanpa mengurangi kecepatannya dalam sebuah permainan sepak bola.

Rumput ini mesti mendapat perhatian ekstra dalam perawatannya. Harus disiram setiap hari dan pemberian pupuk wajib untuk dilakukan. Mesti dipangkas minimal dua kali dalam sebulan. Rumput ini merupakan rekomendasi FIFA untuk digunakan di lapangan sepak bola. Stadion Gelora Bung Karno adalah salah satu stadion yang menggunakan rumput jenis ini.

Rumput Cynodon Dactylon (CD)

rumput bermuda sepak bola
gettyimages

Rumput Cynodon Dactylon lebih dikenal dengan sebutan rumput bermuda merupakan salah satu rumput yang digunakan di lapangan sepak bola. banyak digunakan di Eropa dan Amerika Utara yang notabene memiliki iklim dingin.

Kekurangan rumput ini terletak pada akarnya yang tidak sekuat Zoysia Matrella. Sehingga mudah terkelupas saat terinjak pemain dalam sebuah pertandingan.

Namum, rumput ini lebih mudah dalam hal perawatannya dan biaya yang dipakai juga tidak banyak. Ditambah lagi proses penumbuhan kembali rumput ini cukup cepat. Stadion Galuh Ciamis menjadi salah satu stadion yang menggunakan rumput jenis ini.

Rumput Axonopus Compressus (AC)

rumput lapangan sepak bola
gettyimages

Rumput Axonopus Compressus lebih dikenal dengan sebutan Rumput gajah. Jenis rumput yang paling umum tumbuh di Indonesia. Rumput yang sering kali dijumpai di pekarangan rumah, atau taman-taman.

Meski mudah tumbuh di Indonesia, kualitas rumput ini kurang baik untuk digunakan di lapangan sepak bola. Rumput gajah kurang elastis dikarenakan bentuk daunnya yang lebar sehingga membuatnya mudah rusak karena terinjak spul sepatu. Stadion Shah Alam menjadi stadiun yang menggunakan rumput Axonopus Compressus di lapangan sepak bolanya.

Peraturan Bola dalam Permainan Sepak Bola

peraturan bola sepak bola
gettyimages

Bola sepak bola adalah bola yang digunakan dalam permainan sepak bola. Telah mengalami perkembangan yang signifikan ketimbang dari bola terdahulu yang dibuat. Dulunya bola terbuat dari kulit asli, berbeda dengan sekarang yang biasa terbuat dari kulit sintetis dan plastik sebagai bahan pembuatan.

Bola sepak bola terakhir dan dianggap bola kulit asli terbaik adalah  Adidas Tango Espana (1982). Menjadi bola kulit terakhir yang digunakan di Piala dunia Spanyol 1982.

Pertandingan profesional memiliki standar dalam menentukan bola yang dipakai dalam sebuah pertandingan. Standar ukuran bola untuk permainan sepak bola adalah sebagai berikut:

  • Bola yang digunakan harus berbentuk bulat sempurna.
  • Bola terbuat dari bahan kulit atau sejenisnya.
  • Keliling lingkaran bola minimal 68 sentimeter (cm) dan maksimal 71 sentimeter (cm).
  • Memiliki diameter lingkaran bola berkisar antara 21 sentimeter (cm) hingga 22,5 sentimeter (cm).
  • Berat minimal bola 410 gram dan maksimal 450 gram.

Baca juga: “Informasi Transfer Pemain Sepak Bola Dunia

Peraturan Jumlah Pemain dalam Permainan Sepak Bola

Pertandingan sepak bola merupakan permainan yang mempertemukan dua tim di lapangan. Peraturan Sepak Bola mewajibkan masing-masing tim berisikan jumlah pemain yang sama banyak. Tujuan akhir dari permainan adalah mencetak skor ke gawang lawan.

Jumlah Pemain dalam Pertandingan

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan secara kolektif. Jumlah pemain dalam sebuah tim di pertandingan adalah 11 pemain. Sehingga akan terdapat 22 pemain saat terjadi sebuah pertandingan.

Setiap pemain memiliki peran dan tugasnya masing masing dalam skema permainan. Pemain akan saling bersinergi dan membangun kerja sama dengan tujuan akhir mencetak skor. Selain pemain yang bermain di lapangan, terdapat juga pemain cadangan yang berada di team bench (bangku pemain cadangan). Jumlah pemain cadangan setiap tim adalah 7 orang. Akan tetapi Liga Italia Serie A membuat kebijakan sendiri dengan menambah jumlah pemain cadangan menjadi 12 pemain.

Pemimpin Tim (Kapten)

peraturan kapten sepak bola
gettyimages

Peraturan sepak bola mewajibkan sebuah tim sepak bola memiliki pemimpin yang disebut sebagai Kapten. Kapten akan mengenakan ban kapten (arm ban) selama pertandingan.

Pemain yang diberi kepercayaan ban kapten bertugas untuk mengatur dan mengontrol pemain lain. Menjadi perpanjangan tangan untuk mengajukan keberatan atas keputusan wasit baik yang memberatkan atau keputusan yang dianggap seharusnya menguntungkan tim.

Tentu saja menjadi pemain yang diberi kepercayaan saat terjadi lempar koin (coin toss) untuk menentukan sebuah tim mana yang akan melakukan kick-off dan sisi lapangan sebelah mana tim akan memulai permainan.

Peraturan Perlengkapan Pemain Sepak Bola

Dalam pertandingan resmi sebuah tim wajib mamakai atau menggunakan perlengkapan lengkap sepak bola. Berikut adalah perlengkapan yang wajib bagi tim sepak bola profesional terdiri dari:

Perlengkapan Pemain (tidak termasuk kiper)

  • Jersey atau pakaian dan celana pendek yang seragam. Memiliki warna dan desain yang sama untuk seluruh pemain.
  • Sepasang kaos kaki panjang yang memiliki desain dan warna yang seragam.
  • Pelindung tulang kering (Shin Guard) untuk pemain yang bermain.
  • Sepasang sepatu untuk semua pemain yang bermain.
  • Ban Kapten (Arm Ban) untuk kapten kesebelasan.

Perlengkapan Penjaga Gawang (Kiper)

peraturan jersey sepak bola
gettyimages

Kiper atau penjaga gawang memiliki jersey atau pakaian dan beberapa ketentuan yang berbeda dengan pemain di posisi lain. Selain berbeda dengan pemian lain, juga harus berbeda dengan jersey atau pakaian ofisial pertandingan.

  • Jersey harus memiliki warna dan desain yang berbeda dengan jersey pemain serta berbeda pula dari kiper lawan.
  • Sarung tangan Kiper yang wajib dikenakan selama pertandingan berlangsung.
  • Diperbolehkan mengenakan celana panjang.
  • Diperkenankan mengenakan jersey berlengan panjang.

Dalam kondisi tertentu pemain diperbolehkan mengenakan peralatan tambahan. Misalnya permainan sepak bola berlangsung dalam cuaca dingin, pemain diperbolehkan mengenakan peralatan tambahan seperti:

  • Celana pelapis yang berwarna senada dengan celana pendek luar, celana pelapis bisa ukuran pendek atau panjang.
  • Kaos pelapis yang berwana senada dengan jersey, bisa lengan pendek atau panjang.
  • Sarung tangan yang digunakan untuk melindingi tangan dari hawa dingin.
  • Pelindung leher (neck warmer) yang dipake dileher juga diperbolehkan.
  • Headban bandana yang dipake untuk melindungi bagian telinga.

Peraturan Kick-Off (Sepakan Awal) dalam Sepak Bola

Peraturan kick off permainan
pixabay

Kick off atau sepak mula menjadi cara untuk memulai dan melanjutkan kembali pertandingan. Kick off sepak bola akan dilakukan ulang setelah terjadinya gol, istirahat babak pertama, istirahat babak tambahan (extra time) atau terjadi sebuah insiden dalam sebuah pertandingan.

Dalam insiden tertentu wasit bisa melakukan lemparan vertikal di antara dua pemain untuk memulai lagi pertandingan. Peraturan yang tercantum dalam laws of the Game yang mendapat pengawasan dari badan internasional IFAB.

Kick-off dijadikan penanda awal pertandingan sepak bola yang dilakukan di titik tengah lapangan yang sebelumnya sudah melalui sebuah lemparan koin (coin toss) yang dilakukan wasit utama dan dua kapten kesebelasan untuk menentukan tim pertama yang memulai pertandingan. Kedua tim wajib berada di sisi separuh lapangan sebelum pertandingan dimulai. Wasit akan meniup peluit panjang sebagai tanda pertandingan secara sah dimulai.

Jika terjadi insiden dalam permainan sepak bola seperti pemain mengalami cidera, kericuhan pemain atau penonton, wasit bisa kembali melanjutkan permainan sepak bola dengan cara melempar bola secara vertikal diantara dua pemain dari masing-masing tim yang bertanding.

Akan tetapi, sebagai bentuk sportivitas biasanya pemain akan berinisiatif untuk menendang bola keluar lapangan pertandingan. Hal tersebut dilakukan jika terjadi insiden pertandingan. Secara spontan dilakuan pemain tanpa menunggu wasit untuk menghentikan secara mendadak.

Kemudian sebagai bentuk balasan, tim lawan melakukan hal serupa. Saat melakukan lemparan ke dalam (throw-in), bola akan dikembalikan ke daerah permainan lawan yang menendang bola ke luar pertandingan. Akibat insiden yang terjadi sebelumnya tanpa dan tanpa aba-aba dari wasit sebagai bentuk balasan sportivitas.

Baca juga: Pola Permainan Tiga Defender dalam Sepak Bola Modern

Perangkat Pertandingan Sepak Bola

Peraturan permainan sepak bola mengatur juga tentang perangkat pertandingan. Perangkat dalam sebuah pertandingan sepak bola terdiri dari empat orang wasit yang mengatur jalannya pertandingan. Keempat wasit tersebut adalah wasit utama, asisten wasit (hakim garis) dan wasit ofisial keempat (fourth official). Masing-masing wasit memiliki tugas dan peran berbeda yaitu:

Wasit utama

gettyimages

Wasit utama adalah wasit yang paling punya otoritas dalam mengambil keputusan dalam sebuah pertandingan sepak bola. Sebagai wasit yang berhak untuk memulai dan memulai lagi permainan sepak bola. Bertugas mengatur jalannya pertandingan dan berhak menghukum pemain yang melakukan pelanggaran.

Wasit utama dibekali dua kartu yang digunakan untuk memberikan hukuman kepada pemain yang mekukan pelanggaran yaitu kartu kuning dan merah. Kartu kuning merupakan kartu peringatan atas pelanggaran yang dilakukan pemain.

Jika masih melakukan pelanggaran sama dan berulang, wasit akan memberikan kartu kuning kedua. Artinya pemain akan mendapatkan kartu merah dan harus meninggalkan lapangan saat itu juga. Sedangkan kartu merah langsung diberikan atas pelanggaran berat atau tindakan yang tidak sportif pemain di lapangan selama jalannya pertandingan.

Asisten Wasit (Hakim Garis)

Asisten wasit atau hakim garis dalam permainan sepak bola memiliki tugas membantu wasit utama dalam mengambil keputusan dalam sebuah pertandingan. Memberikan bantuan wasit utama untuk mengambil keputusan terhadap lemparan ke dalam, sepak pojok, tendangan ke gawang, offside, dan pelanggaran yang luput dari pentauan wasit utama.

Wasit pembantu atau hakim garis dalam permainan sepak bola terdiri dari dua orang. Posisi hakim garis masing-masing berada di sisi kiri dan kanan lapangan permainan. Tugas hakim garis adalah untuk membantu wasit utama dan dalam mengambil keputusan lemparan ke dalam, sepak pojok, tendangan gawang, dan pelanggaran atau insiden tidak terlihat oleh wasit utama.

Dua orang asisten wasit dibekali bendera dalam setiap pertandingan. Bendera digunakan untuk memberikan tanda apabila terjadi offside, pelanggaran, atau insiden yang luput dari pandangan wasit utama. Asisten wasit memegang peran penting dalam mengambil sebuah keputusan.

Wasit Ofisial Keempat (Fourth Official)

Wasit ofisial keempat atau lebih dikenal dengan fourth official bertugas sebagai wasit administratif yang bertugas di sisi lapangan untuk membantu wasit utama pada pertandingan sepak bola. Memiliki peran dan tugas sebagai berikut:

  • Mengelola secara teknis sebuah pertandingan sepak bola.
  • Mangatur pergantian pemain.
  • Mencatat jumlah skor dan kartu kuning/merah yang diterima pemain.
  • Menghitung lamanya waktu yang terbuang dalam pertandingan diakibatkan insiden seperti pelanggaran, lemparan ke dalam, pemain yang membutuhkan perawatan karena cidera dan insiden lain yang dapat menyita waktu permainan.
  • Memeberikan informasi tentang injury time kepada penonton.
  • Memastikan kesesuaian pakaian dan peralatan pemain di lapangan.
  • Sebagai perantara wasit utama dalam memberikan keterangan kepada ofisial klub, panitia pertandingan dan pihak berwajib jika terjadi insiden di lapangan.
  • Dapat menggantikan wasit utama atau salah satu asisten wasit jika tidak dapat melanjutkan pertandingan.

Perangkat pertandingan VAR (Video Assistant Referee)

peraturan sepak bola VAR
gettyimages

Peraturan permainan sepak bola VAR atau Video Assistant Referee adalah asisten wasit sepak bola yang memiliki tugas membatu wasit utama meninjau kembali keputusan yang telah dibuat berdasarkan rekaman video instan. VAR sendiri belum menjadi bagian Laws of the Game, akan tetapi telah diterapkan di beberapa turnamen internasional dan kompetisi liga di negara Eropa.

Ada beberapa keputusan wasit utama yang bisa dilakukan peninjauan ulang yaitu:

  • Terjadinya sebuah gol akan tetapi terdapat indikasi pelanggaran dalam proses terjadinya gol tersebut.
  • Keputusan dalam memberikan tendangan penalti.
  • Peninjauan kembali atas kartu merah yang telah diputuskan. Hal ini tidak berlaku untuk kartu kuning.
  • Kesalahan wasit mengidentifikasi pemain dalam keputusannya memberikan kartu kuning atau merah.

Durasi Pertandingan Sepak Bola

Sebagai olahraga yang telah resmi dipertandingkan secara internasional tentu saja ada aturan durasi pertandingan sepak bola. Lamanya durasi pertandingan sepak bola sudah tercantum dalam Laws of the Game FIFA. Berikut adalah penjelasan tentang pembagian waktu dalam pertandingan sepak bola.

Waktu Normal Pertandingan Sepak Bola

Waktu normal pertandingan sepak bola adalah 90 menit. Terdiri dari dua babak dan masing-masing babak berdurasi 45 menit. Diantara babak umumnya diberi waktu dengan durasi 10-15 menit untuk istirahat. Waktu pertandingan dimulai saat kick-off dilakukan dan berakhir saat wasit meniup peluit panjang di akhir pertandingan.

Waktu Tambahan dalam Pertandingan Sepak Bola (Injury Time)

peraturan permainan sepak bola
gettyimages

Waktu tambahan atau injury time adalah waktu yang diberikan setelah waktu normal selesai. Injury time diberikan sebagai kompensasi atas waktu yang terbuang selama pertandingan di waktu normal. Ada beberapa hal yang mempengaruhi lamanya waktu injury time oleh wasit, diantaranya:

  • Sering terjadi pelanggaran yang membuat wasit sering menghentikan pertandingan.
  • Bola sering meninggalkan lapangan.
  • Pemain sering mendapatkan perawatan medis di lapangan.
  • Pemain sengaja mengulur waktu pertandingan.

Durasi tambahan waktu atau injury time normalnya berkisar antara 1 sampai 5 menit, bisa juga lebih. Wasit berhak menentukan berapa lama durasi injury time diberikan.

Babak Tambahan dalam Permainan Sepak bola(Extra Time)

Peraturan permainan sepak bola saat skor pertandingan imbang hingga waktu normal permainan selesai dan dibutuhkan pemenang pada saat itu juga, maka pertandingan akan dilanjutkan ke babak tambahan atau extra-time. Biasanya extra time berlaku untuk sebuah kompetisi atau turnamen yang menggunakan sistem gugur. Durasi babak tambahan adalah 30 menit, terbagi dalam dua babak yang masing-masing babak berdurasi 15 menit.

Adu Tendangan Penalti

Adu penalti bertujuan untuk menentukan pemenang pertandingan jika pada waktu normal dan extra time skor berakhir imbang. Masing-masing tim akan diberi kesempatan melakukan tendangan penalti sebanyak lima kali. Tim yang berhasil mencetak tendangan penalti terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

Peraturan untuk Menentukan Gol dalam Pertandingan Sepak Bola

gettyimages

Mencetak gol adalah tujuan akhir dari permainan sepak bola. Tim yang berhasil mencetak gol lebih banyak akan dinyatakan sebagai pemenang. Terdapat metode yang digunakan untuk menentukan keabsahan gol di dalam pertandingan sepak bola.

Peraturan permainan sepak bola tentang terjadinya sebuah gol secara umum menjelaskan bahwa tim mencetak gol apabila bola telah melewati garis gawang. Akan tetapi ada hal yang bisa menyebabkan gol yang cetak dibatalkan oleh wasit apabila sebelum terjadinya gol terjadi pelanggaran sebelum bola melewati garis gawang.

Akan tetapi di momen tertentu, wasit dan hakim garis sulit menentukan apakah bola sudah melati garis gawang atau belum. Seperti saat bola yang bergulir masuk ke gawang atau bola hasil pantulan setelah menerpa tiang atau mistar gawang berada tipis di belakang garis gawang. Kejadian tersebut menjadi perdebatan dan kontroversi di beberapa pertandingan sepak bola.

Peraturan Permainan Sepak Bola Teknologi Garis Gawang

Untuk mengatasi hal tersebut akhirnya FIFA menerapkan sistem teknologi garis gawang atau goal-line technology. Menggunakan berbagai perangkat elektronik bola dapat terdeteksi apakah sudah melewati garis gawang atau belum. Hal ini sangat membantu wasit untuk membuat keputusan tepat saat terjadinya gol.

Alat ini tidak menggantikan peran hakim garis di sebuah pertandingan. Akan tetapi memudahkan wasit untuk mendapatkan informasi secara cepat bahwa bola telah melewati garis gawang. FIFA mulai menerapkan teknologi ini di pagelaran Piala Dunia 2014.

Baca juga: “Logo Sepak Bola Eropa dengan Icon Binatang Unik dan Makhluk Gaib”

Pelanggaran dalam Permainan Sepak Bola

Peraturan permainan sepak bola berguna memproteksi pemain yang ada di lapangan. Sepak bola merupakan olehraga fisik, sehingga benturan dan kontak antar pemain di lapangan kerap terjadi. Untuk melindungi pemain dari cidera yang tidak diinginkan, setiap pelanggaran yang dilakukan pemain dilapangan akan mendapatkan sanksi.

Sanksi yang membuat pemain untuk bermain lebih aman dan sportif. Berikut beberapa peraturan dan sanksi akibat pelanggaran yang dilakukan pemain di dalam pertandingan.

Peraturan Tendangan Bebas (Free kick) dalam Permainan Sepak Bola

Jika terjadi pelanggaran di lapangan, wasit akan memberikan tendangan bebas atau free-kick. Terdapat dua jenis tendangan bebas yaitu tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung.

Tendangan bebas tersebut dibedakan berdasarkan di zona mana pelanggaran tersebut tersaji. Tendangan bebas langsung, pemain akan mengeksekusi langsung ke gawang. Sedangkan tendangan bebas tidak langsung, pemain akan mengumpan bola ke pemain lain yang nantinya kan mengeksekusi tendangan.

Berikut penjelasan tentang tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung:

Peraturan Tendangan Bebas Langsung dalam Sepak Bola

Tendangan bebas langsung yaitu tendangan yang dilakukan langsung ke arah gawang dengan intensi untuk mencetak gol. Biasanya terjadi di daerah dekat kotak penalti lawan.

Tapi akan terjadi hal berbeda jika pelanggaran terjadi di dalam kotak penalti. Jika pelanggaran terjadi di dalam kotak penalti bukan tendangan bebas melainkan wasit akan menunjuk titik putih pertanda penalti.

Berikut pelanggaran yang mengakibatkan wasit langsung memberikan tendangan bebas yaitu:

  • Dengan sengaja meloncati pemain lawan.
  • Menendang atau memiliki niat untuk menendang pemain lawan.
  • Gerakan tekel yang berbahaya atau punya intensi untuk menciderai.
  • Menabrak dan melakukan gerakan menyikut.
  • Melakukan gerakan dorongan dengan sengaja.
  • Gerakan menarik lawan.
  • Menahan gerak dan laju lari pemain lawan.
  • Sengaja mengulur waktu dan memancing atau provokasi lawan.

Peraturan Tendangan Bebas Tidak Langsung dalam Sepak Bola

Peraturan permainan sepak bola tendangan bebas tidak langsung biasanya dilakukan tidak untuk menendang langsung ke arah gawang untuk mencetak gol. Pelanggaran biasanya terjadi jauh dari daerah pertahanan musuh atau pelanggaran terjadi di daerah sendiri.

Akan tetapi, tendangan bebas tidak langsung bisa juga terjadi di dalam kotak penalti. Tendangan bebas diberikan karena kiper melakukan pelanggaran dengan menangkap bola hasil back-pass atau operan rekan satu tim.

Maka wasit akan memberikan penalti, tapi wasit akan memberikan tendangan bebas tidak langsung. Tendangan dilakukan tidak langsung ke gawang, melainkan satu pemain harus mengumpan terlebih dahulu ke rekan yang akan menendang bola langsung ke gawang.

Pelanggaran oleh kiper yang bisa mengakibatkan tendangan bebas tidak langsung:
  • Menangkap bola dengan sengaja hasil back-pass atau operan dari rekan satu tim.
  • Menguasai bola lebih dari enam detik sebelum melepaskannya lagi.
  • Menyentuh kembali bola setelah melepaskan bola, dan belum disentuh pemain lain.
  • Menangkap atau menyentuh bola menggunakan tangan bola hasil lemparan kedalam atau throw-in dari rekan satu tim.

Peraturan permainan sepak bola untuk tendangan bebas tidak langsung juga diberikan ketika pemain melakukan pelanggaran kepada penjaga gawang atau pemain lawan lainnya. Berikut pelanggaran dari lawan yang dapat menghasilkan tendangan bebas tidak langsung:

  • Malakukan gerakan menghalangi kiper saat hendak melakukan tendangan atau lemparan.
  • Melakukan gerakan yang membahayakan bagi dirinya dan pemain lain.
  • Menggangu pergerakan lawan dengan cara menghadang atau menghalangi lawan.

Sanksi Kartu Kuning dan Kartu Merah

wasit utama sepak bola
gettyimages

Peraturan permainan sepak bola memberikan wewenang Wasit untuk memberikan sanksi berupa kartu kuning atau kartu merah atas pelanggaran yang dilakukan pemain di lapangan. Kartu kuning diberikan sebagai tanda peringatan serius wasit kepada pemain agar tidak mengulangi pelanggaran.

Setelah mendapat kartu kuning dan beberapa kali peringatan, pemain malakukan pelanggaran lainnya setelah itu maka wasit akan memberikan kartu kuning kedua. Kartu kuning kedua menandakan bahwa pemain akan mendapatkan kartu merah dan pemain harus keluar lapangan pertandingan.

Kartu merah digunakan wasit untuk menghukum pemain yang malakukan pelanggaran keras dan sudah sangat fatal. Ketika pemain mendapatkan kartu merah, pemain tersebut harus keluar dari lapangan saat itu juga.

Jika kartu merah didapat setelah mendapatkan dua kartu kuning disebut dengan kartu merah tidak langsung. Sedangkan untuk pelanggaran keras atau tindakan pemain yang tidak sportif, wasit akan memberikan kartu merah langsung tanpa melalui kartu kuning.

Peraturan Tendangan Penalti (Penalty Kick)

gettyimages

Tendangan penalti adalah tendangan yang dilakukan secara bebas tanpa penjagaan musuh dan langsung berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang lawan. Penalti terjadi apabila pemain melakukan pelanggaran di area kota penalti timnya.

Pelanggaran terjadi biasanya disebabkan momentum yang salah saat berusaha menghalau bola atau hands ball (bola mengenai tangan). Seperti yang kita ketahui, dalam permainan sepak bola hanya kiper yang diperbolehkan menggunakan tangan dalam permainan.

Peraturan permainan sepak bola tendangan penalti merupakan ide dari William McCrum pada 1890. Tendangan penalti diberikan sebagai hukuman bagi pemain yang melakukan pelanggaran di area kotak penalti timnya. McCrum sendiri merupakan salah satu anggota pengurus Asosiasi Sepak Bola Irlandia.

Peraturan Tendangan Penalti dalam Pertandingan Sepak Bola

peranturan penalti sepak bola
quartz

Peraturan permainan sepak bola bagi pemain yang bertindak sebagai penendang bola penalti, diantaranya:

  • Pemain yang mengambil tendangan pinalti harus teridentifikasi sehingga wasit dan kiper siapa pemain yang akan mengeksekusi bola.
  • Meletakkan bola pas pada posisi titik tendangan penalti yang tersedia.
  • Posisi penjaga gawang tepat berdiri di area garis gawang dan menghadap penendang penalti. Tidak diperbolehkan maju untuk mempersempit ruang saat eksekutor melakukan tendangan.
  • Pemain lain yang tidak menendang penalti, maka posisi mereka harus berada di luar kotak penalti atau minimal berjarak sekitar 9,15 meter dari titik penalti. Tidak diperbolehkan memasuki area penalti selama bola belum di tendang eksekutor penalti.
  • Apabila pemain menendang penalti atau penjaga gawang melanggar peraturan, wasit berhak mengulang proses tendangan penalti.

Hal-hal yang dapat menyebabkan tendangan penalti diulang:

Prose tendangan penalti akan diulang apabila pemain penendang, kiper atau pemain yang tidak ditunjuk melakukan tendangan melanggar aturan.

  • Jika pemain yang ditunjuk menendang penalti melakukan gerakan berhenti sebelum tendangan dilakukan.
  • Bola tidak tepat berada di titik penalti.
  • Kipar melakukan gerakan ke depan saat proses tendangan penalti dilakukan.
  • Pemain yang berada diluar kotak pinalti masuk sebelum tendangan penalti dilakukan.
  • Jika pemain lawan masuk area penalti dan tendangan penalti gagal saat eksekusi, maka tendangan penalti akan diulang. Namun apabila tendangan berhasil, maka akan disahkan sebagai gol. Pemain yang masuk area penalti tadi akan mendapatkan kartu kuning.
  • Berlaku juga sebaliknya, jika pemain lain dari tim yang mengeksekusi tendangan penalti masuk area penalti sebelum tendangan dilakukan maka penalti akan diulang jika penendang berhasil melakukan eksekusi. Pemain yang masuk area penalti tadi akan mendapatkan kartu kuning.
  • Akan tetapi jika eksekusi tendangan penalti gagal, maka permainan tetap dilanjutkan.

Peraturan Pergantian Pemain dalam Pertandingan Sepak Bola

Peraturan permainan sepak bola yang mengatur pergantian pemain merupakan hal yang biasa kita jumpai dalam sebuah pertandingan sepak bola. Hal tersebut dilakukan untuk mengganti pemain yang cidera, kelelahan maupun alasan taktik.

Sebelum pandemi Covid-19 pergantian pemain yang berlaku dibatasi tiga pemain saja untuk masing-masing tim yang bertanding. Sedangkan jika pertandingan dilanjutkan hingga babak tambahan, tim deberi kesempatan untuk melakukan pergantian pemain sebanyak satu kali. Aturan tersebut dikenal dengan istilah pergantian pemain 3 +1.

Namun terjadi perubahan aturan pergantian pemain dalam sebuah pertandingan setelah pertandingan kembali bergulir pasca larangan bertanding akibat Covid-19. Setiap tim boleh melakukan pergantian lima pemain dalam sebuah pertandingan. Hal tersebut mengingat selama sepak bola dibekukan karena pandemi Covid-19, kondisi fisik pemain mengalami penurunan.

Dalam peraturan permainan Sepak Bola, pada dasarnya pergantian dalam sebuah pertandingan dilakukan untuk mengganti pemain yang mengalami cidera dan kelelahan. Apalagi dalam sebuah pertandingan dengan tempo dan tensi yang tinggi pasti sangat menguras fisik dan tenaga.

Akan tetapi pergantian pemain bisa bersifat teknis. Bisa saja pelatih melakukan pergantian pemain dikarenakan pemain yang bermain tidak sesuai ekpektasinya. Bisa juga pelatih melakukan pergantian pemain untuk mengubah skema dan gaya permainan tim saat sedang unggul atau dalam kondisi mengejar ketertinggalan.

Kesimpulan

Peraturan permainan sepak bola terus mengalami perkembangan dan evolusi dari masa ke masa. Hal tersebut tidak lepas sepak bola bukan hanya sekedar olahraga fisik di dalam lapangan. Akan tetapi banyak aspek yang terus mengalami perubahan demi menciptakan permainan sepak bola yang sportif dan lebih baik di masa yang akan datang.

Baca juga: “Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasannya yang Wajib diketahui Pemula

Written by Eno Ismail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teknik dasar sepak bola

Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasannya yang Wajib diketahui Pemula

durasi permainan sepak bola

Durasi Permainan Sepak Bola dan Penerapan Aturan di Pertandingan