in

Profil Klub dan Prediksi Liga Champions 2020-2021

Profil Klub dan Prediksi Liga Champions-Hasil drawing Liga Champions yang dihelat di markas besar UEFA di Nyon, Swiss , Kamis (1/10/2020) menghasilkan beberapa kejutan. Acara tersebut dipimpin Giorgio Marchetti selaku deputi sekretaris jenderal UEFA ditemani dua mantan pemain yang memenangi Liga Champions bersama Chelsea, Didier Drogba dan Florent Malouda.

Pertemuan kembali antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tentu akan menjadi tajuk utama. Setelah menempatkan Juventus dan Barcelona dalam satu grup. Terakhir kali mereka saling bertemu pada 2018, saat Ronaldo masih berseragam Madrid. Grup B akan dilengkapi dengan kehadiran Dinamo Kyiv dan tim asal Hongaria yang harus menunggu selama 25 tahun untuk kembali ke babak utama Liga Champions Ferencvárosi TC.

Sementara itu Real Madrid yang merupakan mantan klub Ronaldo akan bergabung di Grup B bersama Inter Milan, Borussia Moenchengladbach dan Shakhtar Donetsk. Akan diprediksi menyajikan pertandingan yang menarik dengan karakter permainan masing-masing tim di grup ini berbeda.

Hasil undian lain yang menarik dan menjanjikan persaingan sengit akan terjadi di Grup H. Grup yang berisikan finalis musim lalu Paris Saint-Germain, bersama Manchester United, RB Leipzig dan Istanbul Basaksehir. Dianggap grup paling sulit diatara grup lainnya. Diprediksi akan terjadi persaingan ketat hingga babak akhir fase grup.

Atalanta yang menjadi tim kejutan musim lalu, akan kembali berusaha menampilkan performa terbaiknya. Musim ini mereka akan menghadapi dua tim yang mempunyai tradisi kuat di Liga Champions, Liverpool dan Ajax Amsterdam serta tim debutan asal Norwegia FC Mitdjylland.

Juara Bertahan Bayern Munchen yang tergabung di Grup A akan menghadapi lawan tangguh di pertandingan pembuka. Atletico Madrid akan menjadi lawan sepadan bagi Die Roten, dikuti Red Bull Salzburg dan Lokomotiv Moskow yang mengintip peluang untuk membuat kejutan.

Pertandingan pembuka fase grup Liga Champions akan dijadwalkan berlangsung pada 20 dan 21 Oktober 2020. Sedangkan pertandingan pamungkas dijadwalkan akan dipertandingkan pada 8 dan 9 desember 2020.

Berikut Profil Klub dan Prediksi Liga Champions musim 2020/2021.

Profil Klub dan Prediksi Grup A

Profil klub liga champions
kickoffsepakbola

Langkah berat sudah harus dilakoni Bayern untuk mempertahankan trofi Liga Champions yang diraihnya musim lalu. Die Roten harus berhadapan dengan salah satu tim yang selalu bermain dengan compact defend Atletico Madrid.

Pertarungan antara Die Roten dan Los Colchoneros menjadi sorotan utama persaingan di Grup A. Reputasi tim asal Jerman dan Spanyol itu jauh di atas Salzburg dan Lokomotiv Moscow. Tak heran, dua tiket lolos ke 16-besar dari grup ini diperkirakan akan menjadi milik mereka.

Grup A sangat tergantung pada performa Salzburg. Juara liga Austria lima kali beruntun ini berpeluang bersaing dalam perburuan tiket 16-besar. Mereka mampu menyetak 16 gol di fase grup musim lalu. Sedangkan Lokomotiv Moscow yang musim lalu berstatus sebagai runner-up Liga Rusia, kehilangan Aleksey Miranchuk ke Atalanta sedikit mengurangi ketajaman mereka di lini serang.

Incar Tempat Ketiga

Di satu sisi, berada satu grup dengan juara bertahan dan tim langganan Liga Champions Atletico Madrid, mempersempit peluang Salzburg dan Lokomotiv Moscow untuk melangkah lebih jauh. Namun, menjadi kesempatan yang baik bagi Salzburg dan Lokomotiv Moscow menjajal klub yang berstatus terbaik saat ini. Kedua klub akan lebih fokus mengincar peringkat ke tiga guna membuak peluang untuk mengamankan satu jatah di 32-besar UEFA Euro Laegue.

Berikut profil klub yang tergabung dalam Grup A Liga Champions musim 2020/2021:

Profil Klub Liga Champions Bayern Munchen

Bayern Munchen manyandang status juara bertahan Liga Champions dan sekaligus menjadi salah satu tim yang berhasil meraih treble di Eropa sebanyak dua kali selain Barcelona. Dengan komposisi pemain yang tidak banyak berubah, kemungkinan besar dominasi Die Roten akan terus berlanjut. Permainan yang dinamis dan penuh energi akan kembali ditampilkan guna mempertahankan gelar.

Kedatangan Leroy Sane dari Manchester City akan semakin menambah daya serang Munchen di kiri penyerangan. Menjadi pasangan yang ideal untuk Serge Gnabry di sisi kanan. Selain itu, kedatangan beberapa pemain seperti Tanguy Nianzou (Paris Saint-Germain), Marc Roca (Espanyol), Douglas Costa (Juventus), Eric Maxim Choupo-Moting (PSG) akan semakin menambah kedalaman skuad untuk mengarungi beberapa kompetisi musim ini.

Untuk Douglas Costa, ini merupakan kali kedua membela Munchen, setelah sebelumnya pernah bergabung pada musim 2015/2016 dan 2016/2017.

Daftar Pemain Klub Bayern Munchen untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Manuel Neuer (C), 35-Alexander Nübel, 26- Sven Ulreich, 39-Ron-Thorben Hoffmann

Belakang: 27-David Alaba, 4-Niklas Süle, 21-Lucas Hernández, 17-Jérôme Boateng, 23-Tanguy Nianzou, 28-Chris Richards, 19-Alphonso Davies, 5-Benjamin Pavard, 20-Bouna Sarr

Tengah: 6-Joshua Kimmich, 8-Javi Martínez, 30-Adrian Fein, 18-Leon Goretzka, 24-Corentin Tolisso, 37-Jamal Musiala, 10-Leroy Sané, 29-Kingsley Coman, 7-Serge Gnabry, 22-Marc Roca, 11-Douglas Costa

Depan: 25-Thomas Müller, 9-Robert Lewandowski, 14-Joshua Zirkzee, 13-Eric Maxim Choupo-Moting

Profil Klub Liga Champions Atletico Madrid

Penampilan Atletico Madrid sempat mengejutkan musim lalu di Liga Champions. Di fase 16-besar Atletico berhasil mengalahkan juara bertahan Liverpool. Namun kandas di babak 8-besar saat menghadapi permainan cepat ala RB Leipzig. Kehilangan Thomas Partey di menit akhir sebelum penutupan bursa transfer sangat mempengaruhi persiapan Diego Simeone.

Simeone harus berpikir ulang untuk menyusun strategi baru sepeninggal Partey yang sebenarnya masuk dalam rencananya musim ini. Akan tetapi kedatangan Luis Suárez bisa menjadi angin segar untuk lini serang. Kehadiran Lucas Torreira dilini tengah memberi opsi pilihan di lini tengah sepeninggal Partey.

Akan tetapi secara keseluruhan kekuatan tim Atletico masih stabil. Kehadiran Luis Suárez bisa menjadi jawaban atas kesulitan musim lalu mencari ujung tombak yang bisa tampil konsisten di lini depan.

Daftar Pemain Klub Atletico Madrid untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 13-Jan Oblak, 1-Ivo Grbic, 31-Miguel San Román

Belakang: 2-José Giménez, 15-Stefan Savic, 18-Felipe, 22-Mario Hermoso, 4-Nehuén Pérez, 12-Renan Lodi, 3-Manu Sánchez, 23-Kieran Trippier, 24-Sime Vrsaljko

Tengah : 6- Koke (C), 8-Saúl Ñíguez, 16-Héctor Herrera, 5-Lucas Torreira, 14-Marcos Llorente, 11- Thomas Lemar, 21-Yannick Carrasco, 20-Yannick Carrasco, 20-Vitolo, 10-Ángel Correa, 26-Víctor Mollejo

Depan: 7-João Félix, 9-Luis Suárez, 19-Diego Costa, -Nikola Kalinic

Profil Klub Liga Champions FC Red Bull Salzburg

Banyak pemain berbakat yang dihasilkan klub Red Bull Salzburg. Para pemain seperti Sadio Mane, Naby Keita, Dayot Upamecano, Peter Gulacsi, Takumi Minamino adalah pemain-pemain yang berhasil di orbitkan tim asal Autria tersebut. Tentu saja bakat yang paling mencolok dan sedang menanjak penampilanya, Wonder Kid asal Norwegia, Erling Braut Haaland.

Terkesan seperti klub satelite bagi RB Leipzig di Bundesliga Jerman, Salzburg selalu bisa menampilkan permainan yang konsisten disetiap musim. Filosofi klub yang berorientasi untuk membangun tim berdasarkan bakat dan talenta muda, membuat tim ini tidak pernah putus dalam menelurkan pemain-pemain hebat.

Daftar Pemain Klub Red Bull Salzburg untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Cican Stankovic, 31-Carlos Miguel Coronel, 33-Alexander Walke

Belakang: 17-Andreas Ulmer (C), 39-Maximilian Wöber, 6-Jérôme Onguéné, 22-Oumar Solet, 15-André Ramalho, 5-Albert Vallci, 43-Rasmus Kristensen, 25-Patrick Farkas, 70-Amar Dedic

Tengah: 45-Enock Mwepu, 28-Antoine Bernede, 19-Mohamed Camara, 16-Zlatko Junuzovic, 4-Majeed Ashimeru, 13-Nicolas Seiwald, 21-Luka Sucic, 44-Youba Diarra, 14-Dominik Szoboszlai, 37-Masaya Okugawa, 77-Noah Okafor, -Ousmane Diakité

Depan: 20-Patson Daka, 27-Karim Adeyemi, 7-Sekou Koita, 8-Mërgim Berisha, 9-Chukwubuike Adamu

Profil Klub Liga Champions Lokomotiv Moscow

Berstatus sebagai runner-up Liga Super Russia musim lalu, Lokomotiv Moscow gagal mempertahankan gelar yang diraih di musim sebelumnya. Berada di grup yang terbilang cukup ketat, Lokomotiv Moscow akan berusaha memaksimalkan laga kandang. Sedikit di rugikan dengan kepergian Aleksey Miranchuk ke Atalanta, kolektivitas dan semangat tim asuhan Marko Nicolic tidak bisa dipandang sebelah mata.

Daftar Pemain Klub Lokomotiv Moscow untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Guilherme, 77-Anton Kochenkov

Belakang: 14-Vedran Corluka (C), 27-Murilo Cerqueira, 4-Vitali Lystsov, 41-Slobodan Rajkovic, 31-Maciej Rybus, 84-Mikhail Lysov, 2-Dmitri Zhivoglyadov, 20-Vladislav Ignatjev, 28-Boris Rotenberg

Tengah: 7-Grzegorz Krychowiak, 6-Dmitri Barinov, 37-Stanislav Magkeev, 69-Daniil Kulikov, 94-Dmitri Rybchinskiy, 11-Anton Miranchuk, 25-François Kamano, 67-Roman Tugarev, 17-Rifat Zhemaletdinov, 23-Jasurbek Jaloliddinov

Depan: 9-Fedor Smolov, 29-Zé Luís, 18-Luka Djordjevic, 19-Éder, 88-Vitali Lisakovich

Prediksi Grup A

Peringkat satu akan ditempati Bayern Munchen serta diikuti Atletico Madrid di posisi kedua. Kemudian di susul FC Red Bull Salzburg di posisi ke tiga dan Lokomotiv Moscow di posisi terakhir.

Profil Klub dan Prediksi Grup B

Grup B akan menyajikan pertadingan yang seru, Real Madrid yang diasuh Zinedine Zidane dan sebagai pemegang gelar terbanyak Liga Champions akan menghadapi tantangan tiga klub tangguh. El Real akan berhadapan dengan juara Liga Primer Ukraina 2019/2020 Shakhtar Donetsk, Inter Milan runner-up Serie A Italia yang sedang menemukan performa terbaiknya dan Borussia Monchengladbach klub asal Jerman yang mulai membangun hegemoninya di Bundesliga

Shakhtar Donetsk yang diasuh Luis Castro mempunyai ambisi besar untuk lolos dari grup Liga Champions. Sudah dua musim beruntun mereka absen di kompetisi paling bergengsi di Benua Biru. Namun, Inter Milan di bawah asuhan Antonio conte pasti punya target serupa. Kerja keras dan determinasi ala permainan Inter bisa saja merepotkan Madrid dalam mengamankan tiket 16-besar.

Monchengladbach tidak bisa dianggap remeh. Tim ini tumbuh menjadi kekuatan yang di perhitungkan di Jerman. Jika mampu menjaga konsistensi permainan, tim asuhan Marco Rose punya peluang untuk bersaing untuk lolos ke fase berikutnya.

Berikut profil klub yang tergabung dalam Grup B Liga Champions musim 2020/2021:

Profil Klub Liga Champions Real Madrid

Pertama dalam 40 tahun, Madrid tidak melakukan belanja pemain di bursa transfer musim panas. Hanya Martin Odegaard dan Alvaro Odriozola yang berstatus pendatang baru di musim 2020/2021. Masing-masing pemain baru kembali dari masa peminjaman di Real Sociedad dan Bayern Munchen.

Sebaliknya Los Blancos malah melepas beberapa pemain secara permanen maupun dengan status pinjaman. Beberapa pemain tersebut adalah Gareth Bale, James Rodriguez, Sergio Reguilon, Achraf Hakimi, Brahim Diaz, Dani Ceballos, Borja Mayoral, serta Takefusa Kubo.

Pandemi Covid-19 dan renovasi Stadion Santiago Bernabéu menjadi alasan kuat Madrid untuk mengencangkan ikat pinggang dan mengurungkan niat untuk mendatangkan bintang buruan. Selain itu, klub pemilik pemain tidak berniat untuk melepas pemainnya.

Akan tetapi secara kuantitas dan kualitas, skuad yang dimiliki Madrid sekarang memiliki kedalaman yang baik. Perpaduan pemain muda dan senior menjadikan tim bermain konsisten di Liga. Karena bursa transfer beberapa musim sebelumnya, Los Blancos getol mengumpulkan bakat muda sebagai investasi dan regenerasi tim jangka panjang. Secara tim, keseimbangan permainan madrid masih akan tetap terjaga.

Daftar Pemain Klub Real Madrid untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Thibaut Courtois, 13-Andriy Lunin

Belakang: 4-Sergio Ramos (C), 5-Raphaël Varane, 3-Éder Militão, 6-Nacho Fernández, 23-Ferland Mendy, 12-Marcelo, 2-Daniel Carvajal, 19-Álvaro Odriozola

Tengah: 14-Casemiro, 15-Federico Valverde, 8-Toni Kroos, 10-Luka Modric, 21-Martin Ödegaard, 22-Isco, 7-Eden Hazard, 20-Vinícius Júnior, 11-Marco Asensio, 25-Rodrygo, 17-Lucas Vázquez

Depan: 9-Karim Benzema, 18-Luka Jovic, 24-Mariano Díaz

Profil Klub Liga Champions Inter Milan

Antonio Conte mengubah Inter Milan menjadi tim yang lebih pragmatis dan efektif dalam segi permainan. Ambisinya untuk membawa Inter menjadi juara Serie A musim depan sudah kentara dengan perekrutan beberapa pemain yang telah dilakukan. Achraf Hakimi, Aleksandar Kolarov, Arturo Vidal, dan Matteo Darmian menjadi tambahan amunisi untuk mengarungi musim depan, ditambah pemain yang pulang dari masa pinjaman dan beberapa pemain pinjaman yang dipermanenkan.

Pertahanan rapat dan serangan balik cepat masih akan menjadi gaya permainan yang akan diterapkan Inter Milan. Mengandalkan duet Romelu Lukaku dan Lautaro Martínez yang semakin padu, membuat mereka cukup disegani di Eropa. Konsistensi permainan yang akan menjadi kunci sukses untuk melaju ke fase berikutnya.

Daftar Pemain Klub Inter Milan untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Samir Handanovic (C), 97-Ionut Radu, 27-Daniele Padelli, 35-Filip Stankovic

Belakang: 6-Stefan de Vrij, 37-Milan Skriniar, 95-Alessandro Bastoni, 13-Andrea Ranocchia, 31-Lorenzo Pirola, 11-Aleksandar Kolarov, 33-Danilo D’Ambrosio, 36- Matteo Darmian

Tengah: 77-Marcelo Brozovic, 23-Nicolò Barella, 12-Stefano Sensi, 8-Matías Vecino, 5-Roberto Gagliardini, 22-Arturo Vidal, 2-Achraf Hakimi, 29-Dalbert, 18-Kwadwo Asamoah, 15-Ashley Young, 24-Christian Eriksen, 44-Radja Nainggolan, 14-Ivan Perisic

Depan: 9-Romelu Lukaku, 10-Lautaro Martínez, 7-Alexis Sánchez, 99-Andrea Pinamonti

Profil Klub Liga Champions Shakhtar Donetsk

Profil klub liga champions Shakhtar

Semifinal Liga Eropa musim lalu menjadi hal yang harus cepat dilupakan Shaktar Donetsk. Musim lalu, Shaktar di pencundangi dengan skor mencolok lima gol tanpa balas. Musim ini mereka kembali dipertemukan dalam babak grup Liga Champions. Tentu saja ada Shaktar memiliki motivasi tinggi untuk membalas kekalahan.

Setelah dua musim absen di Liga Champions, tentu akan ada motivasi baru bagi para pemain untuk menunjukkan kualitas permainan. Secara tim, Kroty punya peluang untuk memberikan perlawanan dan kejutan di grup yang kemungkinan besar akan didominasi dua raksasa dari Spanyol dan Italia.

Daftar Pemain Klub Shakhtar untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 30-Andriy Pyatov (C), 1-Oleksiy Shevchenko, 81-Anatoliy Trubin

Belakang: 22-Mykola Matviyenko, 4-Sergiy Kryvtsov, 5-Davit Khocholava, 49-Vitão, 77-Valeriy Bondar, 31-Ismaily, 28-Marquinhos Cipriano, 15-Viktor Kornienko, 2-Dodô, 50-Sergiy Bolbat,

Tengah: 6-Taras Stepanenko, 17-Maksym Malyshev, 21-Alan Patrick, 8-Marcos Antônio, 27-Maycon, 20-Viktor Kovalenko, 9-Dentinho

Depan : 7-Taison, 70-Yevgen Konoplyanka, 99-Fernando, 14-Tetê, 11-Marlos, 19-Manor Solomon, 72-Vyacheslav Churko, 23-Vladyslav Vakula, 10-Júnior Moraes

Profil Klub Liga Champions Borussia Mönchengladbach

Tim Asuhan Marco Rose sedang mengalami fase permainan yang meningkat di Bundesliga. Borussia Mönchengladbach berhasil hadir sebagai kekuatan baru di Jerman. Permainan yang konsisten membuat Die Fohlen punya peluang untuk memberi perlawanan di grup ini.

Kekompakan dan perpaduan pemain senior dan talenta muda menjadi modal utama meraka dalam mengarungi musim. Florian Neuhaus yang telah mendapatkan panggilan Timnas Jerman dapat diandalkan untuk menggalang lini tengah.

Kemudian ada Marcus Thuram yang semakin matang di lini serang akan menjadi motor tim dalam usaha memenangkan pertandingan. Jangan lupakan sosok berpengalaman dalam diri Lars Stindl dan salah satu pemain yang membawa Jerman juara Piala dunia 2014, Christoph Kramer.

Daftar Pemain Klub Monchengladbach untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Yann Sommer, 21-Tobias Sippel, 31-Max Grün, 41-Jan Olschowsky

Belakang: 28-Matthias Ginter, 30-Nico Elvedi, 24-Tony Jantschke, 4-Mamadou Doucouré, 25-Ramy Bensebaini, 17-Oscar Wendt, 40-Andreas Poulsen, 18-Stefan Lainer, 15-Jordan Beyer, 3-Michael Lang, 33-Kaan Kurt

Tengah: 8-Denis Zakaria, 6-Christoph Kramer, 32-Florian Neuhaus, 23-Jonas Hofmann, 22-Lászlo Bénes, 19-Valentino Lazaro, 11-Hannes Wolf, 26-Torben Müsel, 27-Famana Quizera

Depan: 13-Lars Stindl (C), 10-Marcus Thuram, 7-Patrick Herrmann, 16-Ibrahima Traoré, 14-Alassane Plea, 36-Breel Embolo, 20-Julio Villalba

Prediksi Grup B

Real Madrid memiliki peluang paling untuk lolos ke fase 16-besar, mengingat komposisi pemain dan tradisi mereka di Liga Champions. Inter Milan, Borussia Mönchengladbach, dan Shakhtar Donetsk akan saling berjibaku untuk memperebutkan tiket tersisa. Akan tetapi Inter Milan punya peluang lebih besar untuk menduduki peringkat ke dua. Kemudian di ikuti Borussia Mönchengladbach dan Shakhtar Donetskdi peringkat ke tiga dan empat klasemen akhir.

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Profil Klub dan Prediksi Grup C

Hasil drawing Liga Champions musim 2020/2021 cukup menguntungkan Manchester City. Citizen akan bersua FC Porto, Olympiakos, dan Marseille di Grup C sehingga membuat langkah tim asuhan Pep Guardiola terbilang lebih mudah.

Namun kegagalan Pep untuk memenangi gelar Liga Champions di 10 musim terakhirnya menjadi tanda tanya, apakah filosofinya masih berjalan seperti dulu. Tapi tidak akan ada yang menyangsikan kemampuannya untuk membawa City lolos dari fase grup.

Olympique Marseille dibawah kendali Andre Villas-Boas mampu mengejutkan dengan finish di peringkat dua Legue 1 Prancis. Sekaligus mengantarkan Marseille lolos langsung ke babak grup Liga Champions. Hal tersebut tak lepas dari peran Villas-Boas yang mampu membangun kembali permainan dan kepercayaan diri tim.

Selanjutny ada FC Porto yang berstatus juara Liga Premier Portugal 2019/2020 tidak bisa dipandang sebelah mata. Menjadi tim asal Portugal yang tersisa, tentu saja tim asuhan Sérgio Conceição tidak ingin menjadi bulan-bulanan tim asal Inggris dan Prancis.

Sementara Olympiacos akan tampil habis-habisan di fase grup. Walaupun berhasil kembali lagi menjadi juara Yunani setelah dua tahun tanpa hasil. Tim asuhan Pedro Martins harus bersusah payah untuk lolos ke fase grup. Klub berjuluk Erythrolefki harus bersua Omonia Nikosia di babak play-off. Mereka berhasil menang dan lolos ke fase grup.

Berikut profil klub yang tergabung dalam Grup C Liga Champions musim 2020/2021:

Profil Klub Liga Champions Manchester City

Pep Guardiola kembali memberi perhatian besar di lini pertahanan City. Mendatangkan Rúben Dias (Benfica) dan Nathan Aké (Bournemounth) menjadi bukti belum yakinnya Pep dengan komposisi pemain di lini belakang. Sedangkan kehadiran Ferran Torres menjadi opsi lain dilini gelandang serang sepeninggal David Silva yang memutuskan pulang ke Spanyol dan bermain untuk Real Sociedad.

Kekuatan yang dimiliki Manchester City akan sulit ditandingi ketiga kontestan lainnya. Secara kualitas pemain dan permainan tentu saja City berada di urutan teratas. Tinggal kita nantikan saja sejauh mana City akan melaju di musim ini. Setelah musim lalu secara mengejutkan kalah atas wakil Prancis, Olympique Lyonnais di babak 8-besar.

Daftar Pemain Klub Manchester City untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 31-Ederson, 13-Zack Steffen, 33-Scott Carson

Belakang: 14-Aymeric Laporte, 3-Rúben Dias, 5-John Stones, 6-Nathan Aké, 50-Eric García, 34-Philippe Sandler, 78-Taylor Harwood-Bellis, 22-Benjamin Mendy, 11-Oleksandr Zinchenko, 2-Kyle Walker, 27-João Cancelo

Tengah: 25-Fernandinho (C), 16-Rodri, 8-lkay Gündogan, 47-Phil Foden, 69-Tommy Doyle, 17-Kevin De Bruyne, 20-Bernardo Silva, 21-Ferran Torres, 26-Riyad Mahrez

Depan: 7-Raheem Sterling, 9-Gabriel Jesus, 10-Sergio Agüero

Profil Klub Liga Champions Olympique Marseille

Andre Villas-Boas menjadi aktor kunci dalam keberhasilan Olympique Marseille mengamankan jatah Liga Champions. Tangan dinginnya mampu membangun kembali permainan dan kepercayaan tim.

Kehadiran pemain baru seperti Álvaro González (Sevilla), Leonardo Balerdi (Borussia Dortmund), Christopher Rocchia (FC Sochaux-Montbéliard), Pape Gueye (AC Le Havre), Luis Henrique (Três Passos Atlético Clube) serta gelandang berbakat Michaël Cuisanc (Bayern Munchen) menjadi tambahan amunisi yang berarti. Peran Villas-Boas akan kembali di uji untuk membawa timnya berbicara lebih banyak di Liga Champions musim ini.

Daftar Pemain Klub Marseille untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 30-Steve Mandanda (C), 16-Yohann Pelé, 1-Simon Ngapandouetnbu

Belakang: 15:Duje Caleta-Car, 5-Leonardo Balerdi, 3-Álvaro González, 32-Lucas Perrin, 37-Aaron Kamardin, 18-Jordan Amavi, 20-Christopher Rocchia, 25-Yuto Nagatomo, 17-Bouna Sarr, 2-Hiroki Sakai, 42-Richecard Richard

Tengah: 4-Boubacar Kamara, 22-Pape Gueye, 34-Alexandre Phliponeau, 43-Nassim Ahmed, 8-Morgan Sanson, 21-Valentin Rongier, 17-Michaël Cuisance, 6-Kevin Strootman, 38-Ugo Bertelli, 41-Cheick Souaré, 24-Saîf-Eddine Khaoui, 29-Florian Chabrolle, 39-Jorès Rahou, 10-Dimitri Payet, 7-Nemanja Radonjic, 11-Luis Henrique, 23-Marley Aké, 26-Florian Thauvin

Depan: 9-Darío Benedetto, 28-Valère Germain, -Konstantinos Mitroglou

Profil Klub Liga Champions FC Porto

Kehilangan beberapa pemain kunci dan talenta menjadi tantangan bagi Sérgio Conceição untuk manata ulang timnya. Tugas berat harus diembannya untuk untuk membawa FC Porto bersaing di fase grup.

Kehilangan kapten tim Danilo Pereira dan wakil tim Alex Telles menjadi sebuah kerugian besar. Ditambah beberapa pemain dan talenta muda yang pindah seperti Zé Luís, Vincent Aboubakar, Tiquinho Soares, dan Fábio Silva.

Kedatangan beberapa pemain diharapkan akan segera mampu beradaptasi mengingat singkatnya waktu persiapan. Marko Grujic, Malang Sar dan Felipe Anderson adalah para pemain yang datang untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan pemain yang hengkang.

Daftar Pemain Klub Porto untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Agustín Marchesín, 99-Diogo Costa, 14-Cláudio Ramos, 51-Mouhamed Mbaye

Beakang:32-Malang Sarr, 4-Diogo Leite, 19-Chancel Mbemba, 5-Iván Marcano, 3-Pepe, 12-Zaidu Sanusi, 18-Wilson Manafá, 15-Carraça, 31-Nanú,

Tengah: 6-Mamadou Loum, 16-Marko Grujic, 8-Mateus Uribe, 27-Sérgio Oliveira, 23-João Mário, 17-Jesús Corona, 25-Otávio, 50-Fábio Vieira, 7-Luis Díaz, 21-Romário Baró, 10-Shoya Nakajima, 28-Felipe Anderson

Depan: 11-Moussa Marega, 9-Mehdi Taremi, 29-Toni Martínez, 30-Evanilson

Profil Klub Liga Champions Olympiacos Piraeus

Status sebagai jawara Liga Super Yunani tidak membuat serta merta Olympiacos Piraeus lolos secara otomatis ke fase grup. Faktor koefisien liga membuat tim asuhan Pedro Martin harus melalui babak Play-off melawan Omonia Nikosia. Menang di kandang dengan skor 2-0 dan bermain imbang 0-0 di laga tandang memperlihatkan kerja extra yang harus dilakukan untuk mencapai fase ini.

Kehilangan dua pemain kunci Konstantinos Tsimikas (Liverpool) dan Guilherme (Al-Sadd SC) mungkin tidak akan berdampak besar. Kehadiran pemain seperti Rúben Vinagre (Wolverhampton) dan Yann M’Vila (AS Saint-Étienne) kemungkinan besar akan mengisi kekosongan yang ditinggalkan. Selain itu kedatangan pemain senior seperti Rafinha yang telah berpengalaman di pentas Eropa bersama Munchen diharapkan mampu memberi suntikan motivasi.

Olympiacos Piraeus akan bermain habis-habisan untuk menentukan nasib mereka untuk lolos ke fase berikutnya. Setidaknya mereka akan berusaha untuk merebut posisi ke tiga, guna meraih tiket ke Liga Eropa.

Daftar Pemain Klub Olympiacos untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-José , 31-Ögmundur Kristinsson, 44-Ilias Karargyris, 88-Konstantinos Tzolakis

Belakang: 3-Rúben Semedo, 66-Pape Abou Cissé, 24-Ousseynou Ba, 34-Avraam Papadopoulos, 12-Rúben Vinagre, 25-Jose Cholevas, 26-Apostolos Apostolopoulos, 13-Rafinha, 21-Mohamed Dräger

Tengah: 7-Konstantinos Fortounis (C), 6-Yann M’Vila, 4-Mady Camara, 5-Andreas Bouchalakis, 10-Pêpê, 14-Athanasios Androutsos, 90-Vasilios Sourlis, 8- Tiago Silva, 28-Mathieu Valbuena, 27-Bruma, 19-Georgios Masouras, 97-Lazar Randjelovic, 2-El Arbi Hillel Soudani, 17-Marios Vrousai, 18-Bruno

Depan: 22-Maximiliano Lovera, 11-Youssef El Arabi, 9-Ahmed Hassan, 20-Hugo Cuypers

Prediksi Grup C

Manchester City akan lolos dengan mudah di fase grup, diikuti Marseille, Porto, dan Olympiakos.

Profil Klub dan Prediksi Grup D

Hasil undian grup D Liga Champions akan menyajikan pertandingan yang layak untuk dinanti. Liverpool, Ajax, dan Atalanta adalah tim yang selama dua musim ke belakang berhasil menunjukkan eksistensi meraka di Liga Champions.

Liverpool jelas lebih diuntungkan karena permainan mereka yang masih konsisten. Sang juara Premier League 2019/2020 tidak terlalu banyak melakukan bongkar pasang pemain. Malah mereka melakukan penambahan amunisi yang semakin menambah kualitas kedalaman tim setelah berhasil mendatangkang Thiago Alcantara dari Bayern Munchen.

Ajax Amsterdam yang kehilangan beberapa pemain kunci seperti Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, Hakim Ziyech dan Donny van de Beek di dua musim ke belakang jelas berkurang sacara kualitas. Tapi kita akan selalu melihat Ajax yang terus berkembang dan menemukan cara untuk terus eksis.

Atalanta menjadi tim yang paling mengejutkan musim lalu. Sempat terseok-seok dan menelan kekalahan di tiga laga perdana, secara mengejutkan mereka berhasil menyapu laga tersisa. Mereka akhirnya berhasil melaju hingga ke babak semifinal dan sempat menyulitkan PSG.

FC Midtjylland yang bersatus tim debutan di Liga Champions tentu saja tidak ingin menjadi tim yang hanya numpang lewat. Mereka punya determinasi dan semangat juang tinggi. Hal yang mereka tunjukkan saat melakukan comeback telat luar biasa melawan Slavia Praha di babak play-off.

Berikut profil klub yang tergabung dalam Grup D Liga Champions musim 2020/2021:

Profil Klub Liga Champions Liverpool FC

Liverpool secara tim tidak mengalami perubahan komposisi yang signifikan. Klopp hanya mendatangkan beberapa pemain untuk menambah kedalaman skuad. Mendatangkan Konstantinos Tsimikas sebagai pelapis Andrew Robertson di sisi kiri, Thiago Alcantara sebagai opsi tambahan di lini tengah dan Diogo Jota sebagai pelapis trio Salah-Mane-Firmino di lini depan. Selebihnya Liverpool lebih banyak mempromosikan pemain muda akademinya untuk naik ke tim senior.

Kemungkinan besar Klopp akan mulai diberi kepercayaan lebih beberapa pemain akademi di musim ini. Pemain seperti Neco Williams dan Curtis Jones sudah mendapatkan kepercayaan di musim lalu, akan semakin diberi kesempatan lebih banyak.

Tantangan utama Liverpool adalah menjaga konsistensi permainan. Semenjak kompetisi kembali bergulir pasca pemberhentian dikarenakan pandemi Covid-19, performa The Red cenderung menurun. Puncaknya ketika mereka berhasil dikalahkan Atletico Madrid tandang-kandang di babak 16-besar Liga Champions musim lalu.

Tapi Klopp selalu punya cara untuk memompa semangat tim. Saat performa Liverpool kembali ke awal musim lalu, peluang Liverpool melangkah lebih jauh selalu terbuka.

Daftar Pemain Klub Liverpool untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Alisson, 13-Adrián, 62-Caoimhin Kelleher

Belakang: 4-Virgil van Dijk, 12-Joe Gomez, 32-Joel Matip, 72-Sepp van den Berg, 26-Andrew Robertson, 21-Konstantinos Tsimikas, 66-Trent Alexander-Arnold, 76-Neco Williams

Tengah: 14-Jordan Henderson (C), 3-Fabinho, 6-Thiago, 5-Georginio Wijnaldum, 8-Naby Keïta, 15-Alex Oxlade-Chamberlain, 7-James Milner, 17-Curtis Jones, 58-Ben Woodburn

Depan: 10-Sadio Mané, 20-Diogo Jota, 18-Takumi Minamino, 11-Mohamed Salah, 59-Harry Wilson, 23-Xherdan Shaqiri, 9-Roberto Firmino, 27-Divock Origi

Profil Klub Liga Champions Atalanta BC

Atalanta muncul sebagai tim yang paling mengejutkan di kompetisi antar klub Eropa musim lalu. Tim Asuhan Gian Piero Gasperini mampu maju sampai babak 8-besar Liga Champions. Mereka sempat membuat Paris Saint-Germain secara materi pemain lebih baik kewalahan, walaupun akhirnya harus kalah menyakitkan di penghujung laga pertandingan. Dalam laga tersebut Atalanta harus mengakui keunggulan PSG dengan skor tipis 1-2.

Musim ini Atalanta telah mendatangkan beberapa pemain baru di bursa transfer musim panas yang telah resmi tutup 5 Oktober lalu. Selain mendatangkan pemain, manajemen juga mempermanenkan dan memperpanjang beberapa pemain pinjaman.

Mempermanenkan status Mario Pasalic yang bermain apik musim lalu serta memperpanjang status pinjaman Mattia Caldara dari AC Milan. Menambah kekuatan dengan mendatangkan Cristian Romero (Juventus), Johan Mojica (Girona) sebagai penganti Timothy Castagne yang hengkang ke Leicester City, Cristiano Piccini (Valencia), dan Fabio Depaoli (Sampdoria) dengan status pinjaman. Sementara kedatangan Aleksey Miranchuk (Lokomotiv Moscow) dan Sam Lammers (PSV Eindhoven) dapat menambah daya gedor dan kedalaman skuad di lini depan.

Atalanta berpeluang kembali membuat kejutan dengan gaya permainan yang mereka peragakan musim lalu. Mengandalkan skema tiga pemain bertahan, tim bermain lebih seimbang dalam bertahan dan menyerang.

Daftar Pemain Klub Atalanta untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 95-Pierluigi Gollini, 24-Marco Carnesecchi, 57-Marco Sportiello, 31-Francesco Rossi

Belakang: 2-Rafael Tolói, 19-Berat Djimsiti, 17-Cristian Romero, 13-Mattia Caldara, 6-José Luis Palomino, 4-Bosko Sutalo, 16-Rodrigo Guth, 8-Robin Gosens, 26-Johan Mojica, 40-Matteo Ruggeri, 33-Hans Hateboer, 21-Cristiano Piccini, 27-Fabio Depaoli

Tengah: 15-Marten de Roon, 88-Mario Pasalic, 11-Remo Freuler, 32-Matteo Pessina, 18-Ruslan Malinovskyi, 59-Aleksey Miranchuk

Depan: 10-Papu Gómez (C), 72-Josip Ilicic, 91-Duván Zapata, 9-Luis Muriel, 7-Sam Lammers,

Profil Klub Liga Champions Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam adalah salah satu tim Eropa yang konsisten melahirkan bakat muda. Pemain seperti Matthijs de Ligt (Juventus), Frenkie de Jong (Barcelona), Hakim Ziyech (Chelsea), dan Donny van de Beek (Manchester United) adalah nama-nama yang berhasil di orbitkan dan sekarang membela tim-tim besar Eropa. Para pemain yang memberikan kontribusi secara permainan dan finansial bagi Ajax.

Namun disatu sisi, hal tersebut berdampak pada berkurangnya kualitas permainan Ajax dalam mengarungi kompetisi. Mereka harus memulai dari awal lagi untuk membangun pemain dan tim. Walaupun secara finansial hal tersebut sangat menguntungkan.

Tapi Ajax Amsterdam adalah tim yang dibangun atas dasar filosofi permainan yang sudah tersusun. Jadi siapapun pemain yang pergi, pemain yang datang menggantikan akan bermain dengan skema dan pakem yang sudah dimiliki klub. Bermain sesuai dengan sistem permainan yang telah dibangun di Ajax.

Jadi bukan hal yang mengherankan, jika ada beberapa pemain sangat baik bermain di Ajax Amsterdam akan tetapi performanya biasa saja di klub barunya setelah pindah. Dengan folosofi dan skema permainan tersebut, Ajax akan tetap menampilkan gaya permainan yang sama. Bermain terbuka, menyerang dan mengandalkan skema formasi 4-3-3.

Daftar Pemain Klub Ajax untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 24-André Onana, 16-Kjell Scherpen, 33-Dominik Kotarski, 1-Maarten Stekelenburg

Belakang: 17-Daley Blind, 21-Lisandro Martínez, 3-Perr Schuurs, 2-Jurrien Timber, 31-Nicolás Tagliafico, 12-Noussair Mazraoui, 5-Sean Klaiber

Tengah: 4-Edson Álvarez, 8-Ryan Gravenberch, 20-Mohammed Kudus, 18-Jurgen Ekkelenkamp, 19-Zakaria Labyad

Depan: 10-Dusan Tadic (C), 11-Quincy Promes, 27-Noa Lang, 7-David Neres, 39-Antony, 23-Lassina Traoré, 9-Klaas-Jan Huntelaar

Profil Klub Liga Champions FC Midtjylland

Bestatus sebagai tim debutan, tidak banyak yang bisa dilakukan FC Midtjylland di bursa transfer. Hanya mampu mendatangkan salah satu bintang timnas Denmark, Pione Sisto yang langsung menjadi andalan. Akan tetapi, tidak banyaknya perubahan komposisi pemain bisa menjadi keuntungan. Kerjasama dan pengertian para pemian pasti akan lebih mudah dijalankan dalam permainan.

Memaksimalkan laga kandang dan bermain tanpa beban membuat Ulvene bisa membuat sedikit kejutan. Kejutan diantara tim yang secara kualitas permainan diatas mereka.

Daftar Pemain Klub Midtjylland untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Jesper Hansen, 31-Mikkel Andersen, 30-Oliver Ottesen

Belakang: 28-Erik Sviatchenko (C), 14-Alexander Scholz, 5-Daniel Höegh, 18-Kristian Dirks Riis, 25-Manjrekar James, 46-Japhet Sery, 44-Nikolas Dyhr, 29-Paulinho, 6-Joel Andersson, 2-Dion Cools, 27-Oliver Olsen, -Sunday Odeh

Tengah: 38-Frank Onyeka, 40-Jens Cajuste, 43-Nicolas Madsen, -Victor Dawa, 24-Antonis Martis, 10-Evander, 15-Bozhidar Kraev, 7-Pione Sisto, 34-Mikael Anderson, 45-Gustav Isaksen, 11-Awer Mabil, 36-Anders Dreyer

Depan: 9-Sory Kaba, 89-Ronnie Schwartz, 74-Júnior Brumado, 26-Lasse Vibe, -Chuma Anene, 33-Luca Pfeiffer

Prediksi Grup D

Liverpool akan berpeluang lolos sebagai juara grup diikuti Atalanta. Atalanta memiliki peluang lebih mengingat materi dan komposisi pemain yang tidak banyak berubah dan mendapatkan suntikan tenaga baru pada diri Aleksei Miranchuk. Ajax menepati posisi ke tiga dan Midtjylland di posisi juru kunci.

Baca juga: Formasi Sepak Bola dengan Tiga Pemain Bertahan

Profil Klub dan Prediksi Grup E

Juara Liga Eropa musim lalu akan berada satu grup dengan Chelsea, Krasnodar dan juga Rennes. Pertandingan antara Sevilla dan Chlesea menjadi pertandingan yang paling ditunggu.

Sevilla kembali lagi ke Liga Champion setelah musim lalu absen dan bermain di Liga Eropa. Akant tetapi asuhan Julen Lopetegui malah menuai hasil maksimal dengan berhasil menjuarai turnamen tersebut. Sevilla pun lolos ke fase grup dengan status juara Liga Eropa.

Kehilangan Éver Banega, Sergio Rico dan Sergio Reguilón tidak terlalu berdapak pada kekuatan tim. Mereka masih memiliki pemain yang dapat memerankan peran pemain tersebut sama baiknya. Ditambah lagi kehadiran Rakitic dilini tengah, Sevilla masih menjadi kekuatan yang menjanjikan.

Chelsea membangun ulang tim setelah larangan transfer usai. Mereka mendatangkan beberapa pemain yang berpengalaman di Liga Champions pada diri Timo Werner yang cukup berhasil di Leipzig serta Thiago Silva yang berhasil mengantarkan PSG hingga ke partai final.

Rennes menjadi tim yang sedang menanjak di Legue 1 Prancis. Kehadiran tim besutan Julien Stéphan tidak bisa dipandang sebelah mata. Tim yang sementara menjadi pemunjak klasemen Legue 1 ini patut diwaspadai.

Kemudian kontestan terakhir adalah Krasnodar. Tim yang berhasil mengalahkan PAOK dalam babak play-off. Musim lalu Krasnodar berhasil finis di posisi ketiga di Liga Primer Rusia.

Berikut profil klub yang tergabung dalam Grup E Liga Champions musim 2020/2021:

Profil Klub Liga Champions Chelsea FC

The Blues menjadi tim yang paling aktif di bursa tranfer musim panas. Pada musim ini Chelsea mendatangkan tujuh pemain di beberapa posisi seperti Eduard Mendy (Goalkeeper), Malang Sarr (Center-back), Thiago Silva (Center-back), Ben Chillwell (Full-back), Hakim Ziyech (Attacking Midfielder), Kai Havertz (Attacking Midfielder), dan Timo Werner (Forward). Dari ketujuh nama tadi, hanya Malang Sarr yang dipinjamkan ke FC Porto untuk menimba pengalaman. Selebihnya diperkirakan akan menjadi pemain yang diandalkan Frank Lampard dalam mengarungi musim kompetisi 2020/2021.

Selain mendatangkan pemain, manajemen juga memutuskan melepas beberapa pemain. Diantaranya ada nama Alvaro Morata yang statusnya dipermanenkan ke Atletico Madrid yang kemudian memutuskan berlabuh di Juventus dengan status pemian pinjaman dengan opsi pembelian di akhir musim. Sebenarnya Chelsea juga tertarik untuk menarik kembali Mario Pasalic dari Atalanta, akan tetapi pemain lebih memilih untuk bermain di Serie A Italia ketimbang kembali ke Inggris.

Sekarang peran Lampard akan sangat krusial dalam membangun kerjasama dan membantu adaptasi beberapa pemain baru. Menjadi kesempatan untuk menunjukkan kapasitasnya setelah musim lalu Chelsea terkena larangan transfer sehingga dia tidak dapat mendatangkan pemain sesuai lebutuhan.

Daftar Pemain Klub Chelsea untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Kepa, 16-Edouard Mendy, 13-Willy Caballero

Belakang: 28-César Azpilicueta (C), 2-Antonio Rüdiger, 15-Kurt Zouma, 4-Andreas Christensen, 14-Fikayo Tomori, 6-Fikayo Tomori, 21-Ben Chilwell, 33-Emerson, 3-Marcos Alonso, 24-Reece James

Tengah: 5-Jorginho, 7-N’Golo Kanté, 17-Mateo Kovacic, 23-Billy Gilmour, 29-Kai Havertz, 19-Mason Mount, 10-Christian Pulisic, 22-Hakim Ziyech, 20-Callum Hudson-Odoi

Depan: 11-Timo Werner, 9-Tammy Abraham, 18-Olivier Giroud

Profil Klub Liga Champions Sevilla FC

Permainan terbuka menjadi ciri khas Sevilla di bawah asuhan Julen Lopetegui. Tidak perduli lawan yang mereka hadapai, Los Nervionenses tidak pernah mengubah gaya permainan mereka. Menggunakan skema formasi 4-3-3, tim sangat mengandalkan permainan di kudua sisi sayap. Para pemain dari sisi kanan seperti Jesus Navas-Suso dan sisi kiri Marcos Acuña-Lucas Ocampos menjadi poros serangan dalam pola yang dimainkan sang juru taktik.

Musim ini mereka kehilangan dua pemain kunci saat memenangi gelar Liga Eropa musim lalu. Mereka adalah gelandang pengatur serangan Ever Banega yang memutuskan hengkang ke Al-Shabab Riyadh dan full-back kiri Sergio Reguilón yang habis masa pinjaman dari Real Madrid. Sergio Reguilón sendiri akhirnya memilih untuk pindah ke Tottenham di Liga Primer Inggris.

Namun Sevilla berhasil mempermanenkan beberapa pemian pinjaman yang menjadi pemian kunci pada musim lalu. Bono (Girona), dan Suso (AC Milan) mendapatkan kontrak permanen setelah menunjukkan performa yang menawan pada masa peminjaman.

Selain itu, manajemen juga mendatangkan pemain guna menutup posisi yang ditinggalkan pemain yang memutuskan hengkang. Ada nama Ivan Rakitic yang didapatkan secara gratis dari Barcelona. Ini merupakan kedua kalinya dia bermain untuk Sevilla. Setelah sebelumnya pernah membela klub pada periode 2011-2014. Rakitic akan diproyeksikan menggantikan peran yang ditinggalkan Ever Banega.

Penambahan pemain juga dilakukan di lini belakang. Mereka berhasil mendatangkan Karim Rekik (Hertha BSC), dan Marcos Acuña (Sporting CP). Kita tunggu kiprah Sevilla di tangan Lopetegui di Liga Champions musim ini. Akan menarik melihat gaya bermain terbuka yang sekilas mirip ala Bielsa di Leed United.

Profil Pemain Klub Sevilla untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Tomas Vaclík, 13-Bono, 31-Javi Díaz

Belakang: 16-Jesús Navas (C), 20-Diego Carlos, 12-Jules Koundé, 4-Karim Rekik, 2-Joris Gnagnon, 3-Sergi Gómez, 19-Marcos Acuña, 18-Sergio Escudero, 17-Aleix Vidal

Tengah: 25-Fernando Reges, 6-Nemanja Gudelj, 10-Ivan Rakitic, 8-Joan Jordán, 21-Óliver Torres, -Roque Mesa, 14-Óscar Rodríguez, 22-Franco Vázquez, 23-Oussama Idrissi

Depan: 5-Lucas Ocampos, 7-Suso, 11-Munir El Haddadi, 15-Youssef En-Nesyri, 24-Carlos Fernández, 9-Luuk de Jong

Profil Klub Liga Champions Stade Rennais FC

Performa Stade Rennais FC sedang bagus-bagusnya musim ini. Tim Asuhan Julien Stephan tampil konsisten di kompetisi Liga. Ditengah menanjaknya performa tim, Camavinga naik menjadi sorotan. Pemuain muda ini dianggap mampu mengangkat performa tim dan memiliki bakat yang istimewa.

Bakat yang membuat beberapa klub besar Eropa memburu tanda tangannya. Tapi musim ini Wonder Kid yang baru saja merasakan debut untuk timnas Prancis memutuskan untuk tetap bertahan. Setidaknya untuk dua sampai tiga musim kedepan.

Julien Stephen bisa memanfaatkan momentum tim untuk berbuat lebih banyak di fase grup. Konsistensi permainan akan menjadi kunci , sembari berharap tidak ada pemain kunci yang mengalami kendala maupun cidera.

Daftar Pemain Klub Rennais untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 16-Alfred Gomis, 30-Pépé Bonet, 1-Romain Salin

Belakang: 3-Damien Da Silva (C), 5-Daniele Rugani, 6-Nayef Aguerd, 4-Gerzino Nyamsi, 17-Faitout Maouassa, 13-Dalbert, 31-Adrien Truffert, 27-Hamari Traoré, 34-Brandon Soppy

Tengah: 10-Eduardo Camavinga, 15-Steven Nzonzi, 14-Benjamin Bourigeaud, 8-Clément Grenier, 12-James Léa Siliki, 28-Jonas Martin, 19-Yann Gboho, 7-Martin Terrier, 20-Flavien Tait, 18-Jérémy Doku, 22-Romain Del Castillo

Depan: 11-M’Baye Niang, 18-Serhou Guirassy, 23-Adrien Hunou, 33-Georginio Rutter

Profil Klub Liga Champions FK Krasnodar

Berhasil lolos ke fase grup setelah mengalahkan PAOK dalam babak play-off. Mereka berhasil menang tandang dan kandang dengan skor identik 2-1. Membuat tim yang baru berdiri tahun 2008 ini berhak untuk pertama kali tampil di fase grup Liga Champions musim 2020/2021.

Debut pertama bisa menjadi motivasi tinggi para pemain untuk menunjukkan kualitas permainan. Dengan skuad yang tidak banyak mengalami perubahan, anak asuhan Murad Musayev bisa saja memberi kejutan dengan gaya permainan lugas dan determinasi ala Eropa Timur.

Daftar Pemain Klub Krasnodar untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 39-Matvey Safonov, 66-Denis Adamov, 88-Andrey Sinitsyn, 1-Evgeniy Gorodov

Belakang: 4-Aleksandr Martynovich (C), 31-Kaio, 2-Egor Sorokin, 6-Cristian Ramírez, 18- Evgeniy Chernov, 98-Sergey Petrov, 28-Igor Smolnikov, 89-Dmitri Stotskiy

Tengah: 77-Ruslan Kambolov, 53-Aleksandr Chernikov, 52-Tonny Vilhena, 8-Yuri Gazinskiy, 14-Kristoffer Olsson, 47-Daniil Utkin, 15-Aleks Matsukatov, 7-Rémy Cabella, 16-Viktor Claesson, 10-Wanderson, 93-Shapi Suleymanov

Depan: 33-Marcus Berg, 9-Ari, 67-Maksim Kutovoy, 20-Evgeniy Markov

Prediksi Grup E

Chelsea diunggulkan lolos sebagai juara grup kendati Sevilla datang dengan status juara Liga Eropa. Sevilla masih pantas mnempati posisi kedua menemani Chelsea untuk lolos ke fase berikutnya. Sedangkan untuk posisi ke tiga dan keempat masing-masing akan ditempati Rennes dan Krasnodar.

Profil Klub dan Prediksi Grup F

Grup F diatas kertas bisa dikatakan sebagi grup terlemah. Borussia Dortmund asuhan Lucien Favre akan mengahadapi Zenit St Petersburg, Lazio, Club Brugge di grup ini.

Borussia Dortmund dengan talenta muda yang dimiliki dan gairah permainan namun cenderung rapuh di lini pertahanan. Namun Dortmund tetap menjadi kandidat terdepan untuk lolos ke fase berikutnya mengingat lawan mereka secara kualitas cukup berimbang.

Zenit menjadi juara Liga Primer Rusia dua kali berturut berkat polesan mantan kapten tim mereka Sergei Semak. Permainan klasik dan fisikal selalu ditunjukkan saat bertanding membuat tim ini cukup disegani.

Lazio yang awal musim di Serie A sempat menjadi penantang serius untuk meraih scudetto akhirnya harus puas finish di posisi ke 4. Akan tetapi setelah absen selama 13 tahun bisa menjadi motivasi tersendiri bagi Lazio untuk berbicara lebih banyak.

Bestatus sebagau juara Belgia tidak membuat Club Brugge menjadi tim yang diunggulkan, mengingat kualitas pemain yang dimiliki tidak lebih baik dari tim lainnya di grup ini.

Berikut profil klub yang tergabung dalam Grup F Liga Champions musim 2020/2021:

Profil Klub Liga Champions Borussia Dortmund

Borussia Dortmund sepertinya menjadi rumah yang nyaman bagi para pemain muda untuk belajar dan berkembang. Banyak talenta muda Eropa yang memilih berlabuh ke tim berjuluk Die Borussen ini. Jadon Sancho, Giovanni Reyna, Erling Haaland adalah pemain mudah yang memilih Dortmund sebagai destinasi untuk mengembangkan bakat dan kemampuan.

Kemudian ada Reinier yang dipinjamkan Real Madrid untuk mendapatkan menit bermain. Tentu saja kehadiran pemain mudah asal Inggris, Jude Bellingham mendapat perhatian lebih. Semenjak didatangkan dari Brimingham, Bellingham selalu menjadi pilihan utama Lucien Favre di lini tengan berduet dengan pemian yang lebih senior Axel Witsel.

Berada di grup yang relatif mudah, anak-anak muda asuhan Lucien Favre punya banyak waktu untuk berbenah dan mempersiapkan diri menghadapi fase selanjutnya. tidak diragukan lagi, Dortmund unggul jauh atas kontestan lain di grup ini.

Musim ini Dortmund kehilangan beberapa pemain sperti Ömer Toprak, Mario Götze, André Schürrle, dan Achraf Hakimi. Tapi mereka juga berhasil mendapatkan pengganti yang sepadan. Emre Can, Thomas Meunier dan beberapa pemain muda berbakat seperti Jude Bellingham dan Reinier bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan.

Daftar Pemain Klub Dortmund untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Roman Bürki, 35-Marwin Hitz, 25-Luca Unbehaun

Belakang: 5-Dan-Axel Zagadou, 15-Mats Hummels, 16-Manuel Akanji, 14-Nico Schulz, 29-Marcel Schmelzer, 24-Thomas Meunier, 2-Mateu Morey, 26-Lukasz Piszczek, 30-Felix Passlack

Tengah: 23-Emre Can, 28-Axel Witsel, 37-Tobias Raschl, 19-Julian Brandt, 22-Jude Bellingham, 6-Thomas Delaney, 8-Mahmoud Dahoud, 13-Raphaël Guerreiro, 20-Reinier, 32-Giovanni Reyna, 10-Thorgan Hazard

Depan: 11-Marco Reus (C), 7-Jadon Sancho, 9-Erling Haaland, 18-Youssoufa Moukoko

Profil Klub Liga Champions Zenit St. Petersburg

Zenit berhasil menjuarai Liga Russia dua musim berturut. Tangan dingin mantan kapten tim Sergei Semak mampu membawa Zenitchiki tanpil konsisten di liga. Ciri khas permainan klasik ala Eropa Timur menjadi pendekatan permainan. Permaian yang cenderung fisikal dan keras akan menjadi cara untuk memenangkan pertandingan.

Pada bursa transfer musim panas, Zenit berhasil mendatangkan Wendel (Sporting CP) dan Dejan Lovren (Liverpool). Kehadiran Wendel diharapkan bisa menjadi kreator di lini tengah. Sedangkan Lovren dengan pengalamannya bersama Liverpool mampu memberikan motivasi pemain lain.

Kekompakan, kerja keras dan determinasi akan menjadi modal berharga Zenit untuk membuka peluang untuk lolos ke fase berikutnya.

Daftar Pemain Klub Zenit untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 99-Andrey Lunev, 41-Mikhail Kerzhakov, 78-Aleksandr Vasyutin

Belakang: 6-Dejan Lovren, 44-Yaroslav Rakitskiy, 87-Danila Prokhin, 3-Douglas Santos, 4-Danil Krugovoy, 18-Yuri Zhirkov, 15-Vyacheslav Karavaev, 34-Denis Terentjev

Tengah: 5-Wilmar Barrios, 38-Leon Musaev, 20-Wendel, 14- Daler Kuzyaev, 27-Magomed Ozdoev, 21-Aleksandr Erokhin, 92-Daniil Shamkin

Depan: 22-Artem Dzyuba (C), 11-Sebastián Driussi, 17-Andrey Mostovoy, 8-Malcom, 10-Emiliano Rigoni, 19-Aleksey Sutormin, 7-Sardar Azmoun

Profil Klub Liga Champions SS Lazio

Lazio sudah cukup lama absen di kompetisi teratas Eropa Liga Champions. Terakhir kali mereka ikut serta, pelatih mereka sekarang, Simone Inzaghi masih berstatus sebagai pemain. Sudah 13 tahun berlalu, akhirnya I Biancocelesti lolos ke fase grup.

Perlahan Simone berhasil membangun kembali kekuatan Lazio di Serie A Italia. Mengawali musim kompetisi musim lalu dengan apik dan sempat memimpin klasemen sementara. Namun performa mereka menurun setalah kompetisi sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Pelatih yang konsisten menerapkan pola tiga defender ini berhasil membangun Lazio menjadi tim yang seimbang dalam bertahan dan menyerang. Transisi pemain saat menyerang atau bertahan menjadi fokus utama tim.

Vedat Muriqi, Mohamed Fares, Jean-Daniel Akpa Akpro, Wesley Hoedt, Pepe Reina, Gonzalo Escalante, dan Andreas Pereira adalah para pemain yang didatangkan Lazio untuk persiapan mereka mengarungi musim ini. Bermain di tiga kompetisi sekaligus dalam satu musim tentu saja butuh kedalaman skuad.

Masuk ke grup yang relatif lebih mudah ketimbang grup lain, Simone berpeluang membuat kejutan di musim debutnya sebagai pelatih. Setidaknya posisi ke tiga bisa menjadi target yang realistis.

Daftar Pemain Klub Lazio untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Thomas Strakosha, 25-Pepe Reina, 24-Silvio Proto, 71-Marco Alia

Belakang: 3-Luiz Felipe, 33-Francesco Acerbi, 4-Patric, 14-Wesley Hoedt, 93-Denis Vavro, 26-Stefan Radu, 15-Bastos, 13-Nicolò Armini, 77-Adam Marusic

Tengah: 19-Senad Lulic (C), 6-Lucas Leiva, 21-Sergej Milinkovic-Savic, 18-Gonzalo Escalante, 32-Danilo Cataldi, 80-Sofian Kiyine, 16-Marco Parolo, 92-Jean-Daniel Akpa Akpro, 29-Manuel Lazzari, 8-Djavan Anderson, 96-Mohamed Fares, 10-Luis Alberto, 7-Andreas Pereira

Depan: 11-Joaquín Correa, 17-Ciro Immobile, 94-Vedat Muriqi, 20-Felipe Caicedo

Profil Klub Liga Champions Club Brugge KV

Club Brugge KV lolos ke fase grup dengan status juara Liga Belgia. Majelis Umum Belgia memutuskan bahwa liga berakhir lebih cepat. Setalah hanya memainkan 29 pertandingan yang semestinya 34 pertandingan dikarenakan pandemi Covid-19, Club Brugge sebagai pemimpin klasemen sentara dinyatakan sebagai juara.

Hanya mendatangkan Eduard Sobol dan Noa Lang dengan status pinjaman di musim ini, membuat peluang Club Brugge berbicara banyak di Liga Champions diragukan. Tapi masih punya peluang untuk bersaing memperebutkan posisi ke tiga.

Daftar Pemain Klub Club Burugge untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 88-Simon Mignolet, 22-Ethan Horvath, 33-Nick Shinton, 91-Senne Lammens

Belakang: 17-Simon Deli, 44-Brandon Mechele, 5-Odilon Kossounou, 15-Matej Mitrovic, 2-Eduard Sobol, 18-Federico Ricca, 55-Maxim De Cuyper, 77-Clinton Mata, 28-Ignace Van Der Brempt

Tengah: 25-Ruud Vormer (C), 3-Éder Balanta, 26-Mats Rits, 97-Thomas Van den Keybus, 20-Hans Vanaken, 90-Charles De Ketelaere, 10- Noa Lang, 11-Krépin Diatta

Depan: 16-Siebe Schrijvers, 42-Emmanuel Dennis, 21-David Okereke, 9-Michael Krmencik, 27-Youssouph Badji, 7-Amadou Sagna

Prediksi Grup F

Borussia Dortmund berpeluang besar menjadi juara grup. Zenit St Petersburg yang lebih berpengalaman ketimbang Lazio dan Cul Brugge layak menempati posisi ke dua, kemudian disusul Lazio dan Club Brugge.

Baca juga: Informasi Transfer Pemain Sepak Bola

Profil Klub dan Prediksi Grup G

Tajuk utama Grup G tentu saja akan tertuju pada pertemuan antara Cristiano Ronaldo dan Leonel Messi. Hasil drawing menenpatkan Juventus dan Barcelona dalam satu grup. Selain dua tim tadi, Dynamo Kyiv dan Ferencvaros menjadi pelengkap Grup G.

Untuk pertama kali setelah dua tahun Ronaldo meninggalkan La Liga, akhirnya Messi akan berhadapan lagi dengannya dalam laga Juventus melawan Barca. Tapi bukan hanya soal Ronaldo dan Messi, akan tetapi bagi Juventus laga ini akan mengingatkan pertemuan pada partai final 2015 dan perempat final 2017.

Juventus dan Barcelona sedang dalam masa transisi dibawah manajer baru Andrea Pirlo dan Ronald Koeman. Bisa saja hal tersebut dimanfaatkan Dinamo Kiyv untuk mencuri panggung. Dibawah asuhan pelatih veteran Mircea Lucescu mereka mampu bangkit dan mengalahkan AZ Alkmaar dan Gent dengan skor meyakinkan di babak play-off.

Grup ini dilengkapi kehadiran juara Hungaria Ferencvaros yang merupakan tim berperingkat terendah di ajang Liga Champions tahun ini.

Berikut profil klub yang tergabung dalam Grup G Liga Champions musim 2020/2021:

Profil Klub Liga Champions FC Barcelona

Ronald Koeman secara resmi menjadi pelatih baru Barcelona mulai musim ini. Transisi yang dilakukannya di Barca tidak berjalan dengan lancar. Diawal kedatangan, dia membuat penyataan tentang beberapa pemain yang tidak masuk dalam rencana. Hal tersebut membuat suasana tim menjadi kurang kondusif. Melepas beberapa pemain yang tidak sesuai dengan skema yang dibutuhkan, tapi sayangnya gagal mendapatkan sejumlah pemian incaran.

Melepas Arthur, Nélson Semedo, Ivan Rakitic, Arturo Vidal, Luis Suárez, Rafinha di bursa transfer musim panas. Barcelona hanya mampu mendatangkan Miralem Pjanic, Trincão, Sergiño Dest, Matheus Fernandes. Dari keempat pemain tersebut, hanya Sergiño Dest pemian yang merupakan rekomendasi Koeman.

Walaupun gagal mendatangkan sejumlah pemain, secara kualitas barca masih bisa bersaing. Apalagi kahadiran Ansu Fati yang langsung tune in dengan skema permainan yang dirancang Ronald Koeman. Selain itu,Countinho yang telah pulang dari masa peminjaman bersama Bayern Munchen menampakkan peningkatan permainan yang signifikan.

Namun lagi-lagi lini belakang akan manjadi hambatan Barcelona untuk melangkah lebih jauh. Sudah waktunya Barca untuk mencari pengganti sepadan untuk Gerard Pique yang performanya sudah jauh menurun. Tapi bukan hal yang sulit bagi Barcelona untuk lolos dari fase grup.

Daftar Pemain Klub Barcelonauntuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Marc-André ter Stegen, 13-Neto, 26-Iñaki Peña, 36-Arnau Tenas

Belakang: 15-Clément Lenglet, 23-Samuel Umtiti, 3-Gerard Piqué, 30-Ronald Araújo, 32-Santi Ramos Mingo, 18-Jordi Alba, 24-Júnior Firpo, 20-Sergi Roberto, 2-Sergiño Dest

Tengah: 8-Miralem Pjanic, 5-Sergio Busquets, 19-Matheus Fernandes, 21-Frenkie de Jong, 12-Riqui Puig, 6-Carles Aleñá, 14-Philippe Coutinho, 16-Pedri, 29-Konrad de la Fuente

Depan: 10-Lionel Messi (C), 11-Ousmane Dembélé, 22-Ansu Fati, 7-Antoine Griezmann, 17-Trincão, 9-Martin Braithwaite

Profil Klub Liga Champions Juventus FC

Juventus secara resmi menunjuk Andrea Pirlo untuk menggantikan Maurizio Sarri. Terdapat pendekatan perbeda antara apa yang dilakukan Pirlo dengan pelatih sebelumnya. Kemungkinan besar, dia akan mengubah skema formasi dasar yang akrab dengan 4-3-3 ala Sarri dengan pola 3 pemain bertahan.

Musim ini Juventus berhasil mendatangkan beberapa pemain seperti Arthur (Barcelona), Weston McKennie (Schalke 04), Dejan Kulusevski (Parma Calcio 1913), Federico Chiesa (ACF Fiorentina) dan Alvaro Morata ( Atletico Madrid). Kedatangan para pemain tersebut diharapkan mampu mengangkat prestasi tim di Liga Champions. Sementara itu Juventus juga melepas beberapa pemain seperti Miralem Pjanic (Barcelona), Emre Can (Borussia Dortmund), Daniele Rugani (Stade Rennais), Blaise Matuidi (Inter Miami CF), Gonzalo Higuaín (Inter Miami CF), Douglas Costa (Bayern Munchen) dan beberapa pemain lain dengan status pinjaman dan free transfer.

Cukup menarik untuk menyimak debut Andrea Pirlo sebagai pelatih. Juventus adalah klub profesional pertama yang dia latih. Sehingga menjadi tantangan besar untuk membuktikan kapasitasnya yang langsung dipercaya menangani tim sebesar Juventus yang punya target tinggi di kompetisi Eropa.

Daftar Pemain Klub Juventus untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 1-Wojciech Szczesny, 77-Gianluigi Buffon, 31-Carlo Pinsoglio

Belakang: 3-Giorgio Chiellini (C), 4-Matthijs de Ligt, 28-Merih Demiral, 19-Leonardo Bonucci, 12-Alex Sandro, 13-Danilo, 16-Juan Cuadrado

Tengah: -5Arthur, 30-Rodrigo Bentancur, 25-Adrien Rabiot, 8-Aaron Ramsey, 14-Weston McKennie, 6-Sami Khedira

Depan: 7-Cristiano Ronaldo, 22-Federico Chiesa, 44-Dejan Kulusevski, 33-Federico Bernardeschi, 10-Paulo Dybala, 9-Álvaro Morata

Profil Klub Liga Champions Dynamo Kyiv

Mircea Lucescu adalah salah satu pelatih veteran asal Rumania yang telah banyak menangani klub di berbagai liga seperti Romania, Italia, Turki, Ukraina dan Rusia. Dia menghabiskan 12 tahun melatih Shakter Donetsk dan meraih berbagai gelar. Capaiaan tertinggi diraih saat mampu membawa Shaktar Donetsk menjadi juara EUFA Cup atau sekarang lebih dikenal dengan Europa League pada musim 2008-2009.

Pindah ke Dynamo Kyiv yang notabene adalah rival abadi Shaktar Donetsk. Kontroversi mewarnai penunjukannya sebagai pelatih baru. Lucescu sempat memutuskan untuk membatalkan kontrak setelah terjadi protes segelintir suporter yang menganggap dia adalah bagian dari rival, Shaktar Donetsk. Namun akhirnya Presiden Dynamo Kyiv turun tangan dan menyatakan bahwa kerjasama klub dengan sang pelatih terus berlanjut.

Musim ini Dynamo Kyiv berhasil dibawanya melaju hingga ke fase grup. Jalan yang tidak mudah harus ditempuh Kyiv, mereka harus melalui babap play-off. Anak asuhan Lucescu berhasil mengalahkan AZ Alkmaar dengan skor meyakinkan 2-0 dan menyudahi perlawanan Gent tandan-kandang dengan skor masing masing 1-2 dan 3-0.

Ada hal yang berbeda saat Lucescu menangani tim Kyiv sekarang dengan apa yang dilakukannya di Shaktar. Saat di Shaktar, banyak pemain Brasil yang diandalkannya dalam tim dan menjadi kunci sukses selama 12 tahun disana. Tapi musim ini ada satu sosok Brasil yang sudah bergabung, dia adalah Clayton. Kemungkinan besar akan ada beberapa pemain Brasil yang akan di beberapa musim kedepan selama Lucescu diberi kepercayaan.

Dengan pengalaman yang dimiliki sang juru taktik, bisa saja Kyiv mengejutkan dua raksasa Italia dan Spanyol.

Daftar Pemain Klub Dynamo Kyiv untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper:1- Georgiy Bushchan, 71-Denys Boyko, 35-Ruslan Neshcheret

Belakang: 4-Denys Popov, 26-Mykyta Burda, 13-Artem Shabanov, 34-Oleksandr Syrota, 25-Ilya Zabarnyi, 16-Vitaliy Mykolenko, 21-Volodymyr Kostevych, 20-Oleksandr Karavaev, 94-Tomasz Kedziora, 24-Oleksandr Tymchyk

Tengah: 5-Sergiy Sydorchuk (C), 6-Tudor Baluta, 8-Volodymyr Shepelev, 29-Vitaliy Buyalskyi, 10-Mykola Shaparenko, 18-Oleksandr Andriyevskyi, 17-Bogdan Lednev, 19-Denys Garmash, 14-Carlos de Pena, 99-Mikkel Duelund, 15-Viktor Tsygankov, 11-Georgiy Tsitaishvili, 27-Clayton

Depan: 7-Benjamin Verbic, 89-Vladyslav Supryaga, 41-Artem Besedin, 22-Gerson Rodrigues, 70-Nazariy Rusyn

Profil Klub Liga Champions Ferencvárosi TC

Setelah penantian panjang selama 25 tahun, akhirnya Ferencvárosi TC kembali berlaga di Liga Champions. Menjadi penantian panjang sebuah klub untuk mencapai penampilan kedua mereka di fase grup Liga Champions. Pertama kali keikutsertaan mereka terjadi pada musim 1995/1996.

Jalan panjang harus di tempuh anak asuhan Serhey Rebrov, mereka harus memulai kulaifikasi dari ronde pertama. Pada kualifikasi ronde pertama, Zöld Sasok berhasil menyingkirkan Djurgadens (Swedia). Kemudian menyingkirkan Celtic (Skotlandia) dan Dinamo Zagreb (Kroasia) di kualifikasi ronde kedua dan ketiga sebelum akhirnya mampu menyingkirkan Molde untuk menyegel satu tempat di babak utama Liga Champions.

Sebuah pencapaian yang luar biasa , mengingat lawan-lawan yang mereka singkirkan lebih punya pamor dan pengalaman di kompetisi Eropa. Sebagai tim berperingkat paling rendah di ajang ini, Ferencvárosi TC akan berusaha menunjukkan permaianan terbaik mereka. Memberikan perlawanan terbaik sebagaimana beberapa laga yang mereka harus lalui sebelum sampai ke babak ini.

Daftar Pemain Klub Ferenchvarosi untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 90-Dénes Dibusz, 1-Ádám Bogdán

Belakang: 8-Gergő Lovrencsics (C), 25-Miha Blazic, 15-Adnan Kovacevic, 33-Lasha Dvali, 5-Abraham Frimpong, 17-Eldar Civic, 26-Marcel Heister, 53-Dominik Csontos, 21-Endre Botka

Tengah: 14-Igor Kharatin, 51-András Csonka, 7-Somália, 18-Dávid Sigér, 19-Bálint Vécsei, 93-Aïssa Laïdouni, 92-Michal Skvarka, 88-Isael, 13-Ammar Ramadan

Depan:77-Myrto Uzuni, 20-Robert Mak, 10-Tokmac Chol Nguen, 11-Oleksandr Zubkov, 97-Roland Varga, 70-Franck Boli, 22-Roko Baturina

Prediksi Grup G

Barcelona lebih diunggulkan keluar sebagai juara grup sedangkan Juventus akan menepati posisi runner-up. Posisi ketiga menjadi hal yang realistis untuk Dynamo Kyiv capai. Kemudian untuk Ferencvaros, keikut sertaanmereka kali ini bisa menjadi tempat para pemain untuk menimba pengalaman.

Profil Klub dan Prediksi Grup H

Putusan drawing menetapkan PSG, Manchester United, RB Leipzig dan İstanbul Başakşehir kedalam satu grup. Mengingat kekuatan dan kualitas masing-masing tim, Grup H layak disebut sebagai grup neraka.

Gambaran persaingan ketat sudah terlihat dari latar belakang keempat tim. Paris Saint-Germain dan RB Leipzig merupakan semifinalis musim lalu. Akan tetapi  Ole Gunnar Solskjaer punya catatan apik saat mampu mengandaskan PSG di babak 16 pada musim 2018/2019.

Paris Saint-Germain tentu saja ingin mengulang kesuksesan musim lalu yang berhasil menjadi finalis Liga Champions. Tak bisa dipungkiri, superioritas mereka di liga lokal membuat mereka bisa lebih fokus untuk mempersiapkan diri di Liga Champions.

Sedangkan RB Liepzig masih menunjukkan konsistensi permainan walaupun telah ditinggal Timo Werner ke Chelsea. Sebuah tim yang bermain berdasarkan sistem yang di bentuk pelatih mereka Julian Nagelsmann. Sehingga kehilangan satu atau dua pemain tidak akan mempengaruhi performa tim secara keseluruhan.

Manchester United sendiri bukan tanpa ambisi. Setelah gagal di semifinal Liga Eropa tentu saja Ole dan anak asuhannya akan berbuat maksimal untuk lolos ke fase berikutnya. Namun United akan sedikit terkendala dengan ketergantuangan mereka atas sosok Bruno Fernandes di lapangan. Baik buruknya penampilan United bergantung pada performa Bruno di lapangan.

Istanbul Basaksehir menjadi tim yang bestatus debutan. Juara Liga Super Turki ini akan menjalani musim perdana mereka dengan tidak mudah. Bergabung di grup sulit ini, peluang mereka untuk lolos terbilang berat.

Berikut profil klub yang tergabung dalam Grup H Liga Champions musim 2020/2021:

Profil Klub Liga Champions Paris Saint-Germain

Sejak kedatangannya tahun 2018 untuk menggantikan Unay Emery, Thomas Tuchel perlahan tapi pasti berhasil membangun pondasi Paris Saint-Germain di kompetisi Eropa. Pencapaian musim lalu bisa menjadi tolak ukur keberhasilan tersebut. Les Parisien berhasil melaju ke partai puncak dan berhadapan dengan Bayern Munchen. Dalam pertandingan yang berlangsung ketat, PSG harus menyerah dan mengubur mimpi mereka untuk menjuarai Liga Champions untuk pertama kali.

Musim ini mereka melepas secara free transfer kapten tim Thiago Silva (Chelsea), Thomas Meunier (Borussia Dortmund), dan Eric Maxim Choupo-Moting (Bayern Munchen). Akan tetapi manajemen juga mempermanenkan pemain pinjaman musim lalu seperi Mauro Icardi (Inter Milan) dan Sergio Rico (Sevilla).

Selain itu PSG juga mendatangkan pemian guna memperkuat beberapa sektor. Semua pemain datang dengan status pinjaman dengan opsi pembelian diakhir musim. Para pemain tersebut adalah Danilo Pereira (FC Porto), Alessandro Florenzi (AS Roma), Moise Kean (Everton). Sedangkan Rafinha Alcantara didapat dengan status free transfer dari Barcelona.

Dengan kualitas dan komposisi yang sama, selama bermain dengan komposisi terbaik tim, PSG berpeluang besar untuk mengulang prestasi yang mereka raih di musim lalu.

Daftar Pemain Klub Paris Saint-Germain untuk Liga Champions Musim 2020/2021::

Kiper: 1-Keylor Navas, 16-Sergio Rico, 30-Alexandre Letellier, 40-Yanis Saidani

Belakang: 5-Marquinhos (C), 3-Presnel Kimpembe, 22-Abdou Diallo, 32-Timothée Pembélé, 14-Juan Bernat, 20-Layvin Kurzawa, 25-Mitchel Bakker, 4-Thilo Kehrer, 31-Colin Dagba, 24-Alessandro Florenzi, 32-Timothée Pembélé

Tengah: 15-Danilo Pereira, 27-Idrissa Gueye, 8-Leandro Paredes, 38-Maxen Kapo, 6-Marco Verratti, 21-Ander Herrera, 23-Julian Draxler, 36-Kays Ruiz-Atil, 33-Bandiougou Fadiga, 19-Pablo Sarabia, 11-Ángel Di María, 12-Rafinha Alcantara

Depan: 10-Neymar, 35-Jesé, 7-Kylian Mbappé, 9-Mauro Icardi, 18-Moise Kean, -Alexandre Fressange

Profil Klub Liga Champions RB Leipzig

Profil klub liga champions Leipzig

Salah satu tim yang membuat kejutan selain Atalanta di Liga Champions musim lalu. Leipzig tampil lebih garang dan lolos hingga semifinal dan berhadapan dengan Paris Saint-Germain. Hal menarik terjadi disini, Julian Nagelsman yang menangani Leipzig harus bertemu PSG yang ditangani Tuchel. Bisa dibilang pertemuan tersebut bak mempertemukan antara musrid dan guru.

Saat Tuchel melatih tim cadangan FC Augsburg, Nagelmann adalah salah sorang pemainnya. Tapi nasib baik tidak berpihak kepada Nagelmann yang harus pensiun dini diusia 21 tahun karena cidera.

Namun karir sepak bolanya terus berlanjut, walaupun sudah tidak menjadi pemain. Tuchel yang saat itu melihat potensi yang dimilikinya, memintanya untuk menjadi scout untuk menganalisis pemain dan persiapan sebelum pertandingan. Dari situlah karirnya kepelatihannya dimulai.

Gaya bermain terbuka, menyerang dan intensitas tinggi menjadi ciri khas permainan Leipzig di lapangan. Hal tersebut ditunjang dengan kebijakan klub yang hanya mau mendatangkan pemain dalam rentang usai tidak lebih dari 30 tahun guna menunjang gaya bermain tim yang membutuhkan tenaga dan stamina extra.

Tentunya kali ini mereka akan mengemban misi khusus untuk membalas kekalahan mereka atas PSG di semifinal musim lalu. Dengan skema permainan yang sama, bakal terjadi sajian pertandingan menarik saat Leipzig berhadapan PSG di fase grup.

Daftar Pemain Klub RB Leipzig untuk Liga Champions Musim 2020/2021::

Kiper: 1-Péter Gulácsi, 33-Josep Martínez, 13-Philipp Tschauner, 32-Tim Schreiber

Belakang: 5-Dayot Upamecano, 6-Ibrahima Konaté, 16-Lukas Klostermann, 4-Willi Orban, 3-Angeliño, 23-Marcel Halstenberg, 22-Nordi Mukiele, 39-Benjamin Henrichs

Tengah: 7-Marcel Sabitzer (C), 14-Tyler Adams, 27-Konrad Laimer, 8-Amadou Haidara, 44-Kevin Kampl, 18-Christopher Nkunku, 25-Dani Olmo, 20-Lazar Samardzic, 47-Joscha Wosz, 21-Justin Kluivert, 10-Emil Forsberg, 35-Fabrice Hartmann

Depan: 9-Yussuf Poulsen, 19-Alexander Sörloth, 11-Hee-chan Hwang, 41-Dennis Borkowski, 38-Hugo Novoa

Profil Klub Liga Champions Manchester United

Manchester United tampil baik dan konsisten selepas kompetisi bergulir kembali setelah sempat diberhentikan akibat Pandemi Covid-19. Tim Asuhan Ole Gunnar Solskjaer mau mengamankan tiket Liga Champions dengan menduduki peringkat ke tiga di akhir musim Liga Primer Inggris musim lalu. Bahkan mereka sanggup melaju hingga semifinal Liga Eropa namun sayangnya mereka harus takluk saat berhadapan Sevilla.

Seperti halnya awal musim lalu, lini pertahanan menjadi masalahan yang harus dibenahi jika mereka ingin berbicara banyak di fase grup. Kembalinya Pogba sama sekali tidak membantu mengangkat performa tim. Terlalu tergantung pada sosok Bruno Fernandes bisa menjadi masalah lain di lini serang The Red Devils.

Kedatangan Donny van de Beek dan Alex Telles di harapkan dapat membantu performa tim. Apalagi Manchester United berhasil mendapatkan Edinson Cavani secara free transfer. Diharapkan kedatangnya akan memompa motivasi para penyerang muda United untuk bermain lebih baik.

Sebenarnya permasalahan United tidak hanya terletak pada lini belakang saja. Akan tetapi lini tengah juga menjadi masalah lain yang harus dibenahi. Memilih dua gelandang utama yang mampu memermudah kinerja Bruno di lini serang.

Menjadi kesempatan Ole Gunnar Solskjaer untuk membuktikan diri dengan skuad yang dimiliki. Skuad yang secara kualitas cukup mumpuni, namun agak kurang dalam menunjukan semangat dan daya juang.

Daftar Pemain Klub Manchester United untuk Liga Champions Musim 2020/2021::

Kiper: 1-David de Gea, 26-Dean Henderson, 22-Sergio Romero, 13-Lee Grant

Belakang: 5-Harry Maguire (C), 2-Victor Lindelöf, 3-Eric Bailly, 16-Marcos Rojo, 38-Axel Tuanzebe, 4-Phil Jones, 27-Alex Telles, 23-Luke Shaw, 33-Brandon Williams, 29-Aaron Wan-Bissaka, 24-Timothy Fosu-Mensah

Tengah: 31-Nemanja Matic, 6-Paul Pogba, 34-Donny van de Beek, 39-Scott McTominay, 17-Fred, 18-Bruno Fernandes, 14-Jesse Lingard, 8-Juan Mata, 21-Daniel James

Depan: 10-Marcus Rashford, 11-Mason Greenwood, 28-Facundo Pellistri, 9-Anthony Martial, 7-Edinson Cavani, 25-Odion Ighalo

Profil Klub Liga Champions Istanbul Basaksehir FK

Profil klub liga champions Basaksehir

Istanbul Basaksehir FK berdiri pada tahun 1990 dan berhasil tampil di Liga Super Turki pada tahun 2007. Pada tahun 2014 klub diakuisisi oleh kelompok pengusaha yang dekat dengan partai berkuasa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Mereka menyuntikkan dana investasi yang besar dengan membangun stadion baru dan mendatangkan beberapa pemain tenar seperti Demba Ba, Emmanuel Adebayor, Eljero Elia, Gael Clichy, Martin Skrtel dan nama tenar lainnya. Termasuk Robinho yang pernah membela klub besar Real Madrid dan Manchester city.

Musim ini menjadi musim debut Istanbul Basaksehir FK di Liga Champions. Setelah dua dua musim sebelumnya hanya menjadi runner-up liga, akhirnya mereka bisa menyabet gelar juara musim 2019-2020. Mereka berhasil mendobrak dominasi Galatasaray dengan 22 gelar, Fenerbahçe (19 kali juara) dan Besiktas (15 kali juara). Sejak Liga Super Turki bergulir pada tahun 1959, hanya Trabzonspor dan Bursaspor yang pernah merusak dominasi tiga klub asal Istanbul tersebut.

Tidak ada perubahan yang berarti dalam susunan pemain pada musim ini. Tidak pula ada nama besar yang didatangkan musim ini. Beberapa pemain seperti Hasan Ali Kaldirim, Rafael dan Nacer Chadli didapat dengan status free tansfer. Sedangkan Berkay Özcan, Okechukwu Azubuike dan Ravil Tagir menjadi pembelian musim ini. Kemungkinan besar mereka didatangkan sebagai pemain pelapis.

Bergabung di grup terberat, bukan debut yang diharapkan oleh tim asukan Okan Buruk. Kerja extra harus ditunjukkan tim untuk memberi sedikit perlawanan ketimbang menjadi lumbung gol.

Daftar Pemain Klub Istanbul Basaksehir FK untuk Liga Champions Musim 2020/2021:

Kiper: 34-Mert Günok, -Muhammed Sengezer, 1-Volkan Babacan, 13-Ahmet Kivanc

Belakang: 35-Ravil Tagir, 26-Ponck, 6-Alexandru Epureanu, 37-Martin Skrtel, 24-Miguel Vieira, 63-Boli Bolingoli, 3-Hasan Ali Kaldirim, 88-Cemali Sertel, 77-Emre Kaplan, 4-Rafael, 80-Júnior Caiçara, 25-Muhammed Sarikaya, 33-Ugur Ucar

Tengah: 21-Mahmut Tekdemir (C), 5-Mehmet Topal, 17-Irfan Can Kahveci, 44-Okechukwu Azubuike, 23-Deniz Türüç, 20-Guiliano 7-Edin Visca, 8-Danijel Aleksic, 10-Berkay Özcan, 11-Nacer Chadli, 29-Kerim Frei, 70-Mete Kaan Demir

Depan: 27-Enzo Crivelli, 22-Fredrik Gulbrandsen, 19-Demba Ba, 89-Enes Karakus

Prediksi Grup H

Paris Saint-Germain akan dijagokan untuk menjadi juara grup, diikuti RB Leipzig dan Manchester United di peringkat ketiga kemudian Istanbul Basaksehir di posisi keempat.

Baca juga: Peraturan Permainan Sepak Bola di Era Modern

What do you think?

Written by Eno Ismail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

durasi permainan sepak bola

Durasi Permainan Sepak Bola dan Penerapan Aturan di Pertandingan

Analisis Pergantian Pemain Tottenham, Menyimpan dari Kebiasaan Sepak Bola Pragmatis Mourinho