Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasannya yang Wajib diketahui Pemula

Teknik dasar sepak bola

Teknik Dasar Sepak Bola – Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang populer di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia salah satunya. Hampir di setiap negara memiliki kompetisi sepak bola mereka masing-masing.

Eropa menjadi barometer perkembangan sepak bola dunia. Tidak bisa dipungkiri, sepak bola disana telah berkembang pesat dan lebih modern. Setiap pemain sepak bola pasti punya mimpi untuk  bermain di sana.

Kini sepak bola sudah menjadi permainan yang telah membudaya di masayarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang menjadikan sepakbola sebagai salah satu pilihan olahraga mereka.

Sehingga sepak bola tidak hanya dimainkan oleh para pemain profesional saja, akan tetapi siapa pun yang menggemari bisa memainkan. Siapa pun bisa memainkan permainan ini dikarenakan olahraga ini hanya membutuhkan bola, beberapa orang untuk bermain dan ruang untuk bermain, seperti taman atau ruang terbuka hijau.

Pada kesempatan ini, Kick Off Sepak Bola akan berbagi informasi teknik dasar dalam permainan sepak bola dan penjelasan singkatnya. Berikut adalah teknik dasar sepak bola yang wajib kamu kuasai.

Teknik Dasar Menendang Bola (Shooting)

teknik dasar menendang bola

Teknik menendang bola menjadi teknik dasar sepak bola yang paling krusial dalam permainan sepak bola. Teknik sangat berguna untuk membobol gawang lawan. Selain itu, teknik ini merupakan teknik yang paling dasar dalam permainan sepak bola dan kemampuan yang wajib dimiliki setiap pemain. Teknik ini juga berguna untuk melakukan teknik passing yang akan dibahas setelah ini.

Ada beberapa teknik menendang bola, yaitu dengan menggunakan bagian punggung kaki, kaki bagian dalam, dan bagian luar. Teknik tendangan tersebut bisa dilakukan dengan cara fokus ke sisi gawang mana yang menjadi target. Berikut teknik dasar menendang bola:

  • Posisikan badan dan taruh kaki yang menjadi tumpuan pada samping bola.
  • Kemudian ayunkan kaki yang digunakan untuk menendang bola ke arah yang ditargetkan.
  • Bagian kaki yang digunakan berpengaruh terhadap tendangan yang dihasilkan.
  • Selain itu, kekuatan atau power tendangan, mempengaruhi kecepatan dan akurasi terhadap arah yang ditargetkan.

Teknik Dasar Mengoper Bola (Passing)

teknik dasar passing

Teknik mengoper bola atau passing menjadi teknik dasar dan pondasi yang harus dikuasi dalam permainan sepak bola. Sepak bola bukanlah olahraga individu, melainkan olahraga yang dimainkan oleh sebuah tim yang berisikan 11 pemain. Teknik ini sangat berguna untuk membangun kerja sama tim dan menghubungkan setiap pemain di lapangan dalam sebuah pertandingan.

Permainan akan lebih mudah dan efektif apabila pemain memiliki passing yang baik. Kombinasi passing dapat digunakan untuk mengalirkan bola dan menembus pertahanan lawan. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara passing datar dan lambung.

Sama halnya dengan teknik passing mendatar, teknik passing lambung atau passing panjang memiliki dasar yang sama. Perbedaanya terletak pada bagian dan posisi kaki yang menyetuh bola. Teknik passing ini menghasilkan tendangan melambung ke udara dan melewati kepala lawan. Passing lambung atau passing panjang dilakukan dengan dengan menendang bola menggunakan bagian punggung kaki.

Passing lambung atau passing panjang dilakukan untuk memberikan operan jarak jauh. Selain umpan vertikal, biasanya passing jauh digunakan juga untuk melakukan umpan silang atau disebut umpan crossing. Umpan Crossing adalah umpan menyilang atau horizontal dari sisi kiri-kanan lapangan ke daerah pertahanan lawan. Kemampuan passing panjang bisa menjadi keuntungan tim untuk membuat variasi permainan. Berikut teknik dasar mengoper bola:

  • Passing datar maupun panjang dilakukan dengan cara mengoper bola kepada pemain yang dituju dengan menggunakan kaki bagian dalam.
  • Bola yang ditendang datar dan menyusur tanah. Jika umpan panjang, bola ditendang melambung.
  • Bola bisa langsung diarahkan tepat ke kaki pemain yang dimaksud atau diarahkan ke area yang akan dituju pemain yang menerima umpan (umpan terobosan atau through pass).

Teknik Dasar Menghentikan Bola (Ball Control)

teknik dasar control bola

Setelah mempelajari teknik passing, teknik selanjutnya yang tak kalah penting menjadi teknik dasar permainan sepak bola adalah teknik menghentikan bola atau ball control. Teknik dasar ini berguna untuk menghentikan dan mengontrol bola yang datang. Saat bola datang, seorang pemain harus dalam posisi siap agar bola dapat dikuasai dengan sepenuhnya tanpa direbut lawan. Ada beberapa cara untuk menghentikan bola, yaitu menghentikan bola menggunakan kaki, dada, dan paha.

Teknik Dasar Menghentikan Bola Menggunakan Kaki

teknik kontrol bola

Terdapat beberapa cara untuk menghentikan bola dengan kaki dalam permainan sepak bola. Teknik dasar yang sangat berguna untuk menahan bola dan melakukan kontrol permainan. Kemampuan ini sangat berguna bagi tim yang sangat mengandalkan kolektivitas dan kerja sama pemain dilapangan. Berikut ini beberapa teknik untuk menghentikan bola dalam permainan sepak bola dan penjelasannya.

Teknik Dasar Menghentikan Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam

menghentikan bola menggunakan kaki

Teknik pertama adalah teknik dasar menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam. Posisikan tubuh ke arah datangnya bola dan fokus kemana arah bola. Putar pergelangan kaki ke arah luar lalu tahan bola dan tahan menggunakan kaki bagian dalam. Setelah bola menyentuh bagian kaki dalam, sedikit tarik kaki ke arah belakang dan usahakan bola tetap berada di depan badan.

Teknik Dasar Menghentikan Bola Menggunakan Kaki Bagian Luar

kontrol menggunakan kaki luar

Teknik selanjutnya adalah teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar. Hampir sama dengan teknik dasar pertama, perbedaannya terletak pada bagian kaki yang digunakan untuk menahan bola. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Fokus dan posisikan badan ke arah datangnya bola.
  • Rentangkan tangan untuk menjaga keseimbangan dan posisikan kaki tepat di samping bola yang akan datang.
  • Hentikan bola menggunakan kaki bagian luar dengan cara memutar pergelangan kaki ke arah dalam.
  • Ketika bola datang dan menyetuh bagian kaki luar, tarik kaki agak ke belakang dan usahakan bola berada dekat kaki.

Teknik Dasar Menghentikan bola Menggunakan Punggung Kaki

  teknik dasar kontol bola

Teknik menghentikan bola menggunakan punggung kaki menjadi teknik ketiga yang mesti dipelajari. Teknik ini biasanya digunakan untuk menghentikan bola umpan lambung. Cara melakukan teknik dasar yang satu ini dengan cara menyambut bola yang datang menggunakan punggung kaki dan tahan gerak bola. Jatuhkan bola di antara kedua kaki dengan perlahan agar jatuh tidak jatuh jauh dari kaki.

Teknik Dasar Menghentikan Bola Menggunakan Telapak Kaki.

Teknik terakhir adalah teknik menghentikan bola menggunakan telapak kaki. Mungkin jarang kita temui pemain sepa kbola  menghentikan bola dengan telapak kaki, namun teknik ini berguna dalam permainan. Teknik dasar ini biasanya dilakukan saat  mendatangi bola sambil berlari sehingga dibutuhkan ketenangan pemain. cara melakukan teknik ini yaitu dengan membuka telapak kaki ke atas, kemudian tahan bola menggunakan bagian telapak kaki yang terbuka tadi. Saat bola menyentuk bagian telapak kaki, tarik agak ke belakang dan usahakan bola tetap berada di depan.

Teknik Dasar Menghentikan Bola Menggunakan Dada

Teknik kontrol bola dengan dada

Selain menghentikan bola menggunakan kaki, permainan sepak bola memperbolehkan seorang pemain untuk menghentikan bola menggunakan dada. Teknik menghentikan bola menggunakan dada dilakukan ketika bola berada di udara.

Melakukan teknik kontrol menggunakan dada dilakukan dengan cara sebagi berikut:

  • Posisi tubuh menghadap arah bola.
  • Posisikan kedua tangan ditekuk di samping badan dan buka kedua kaki selebar bahu.
  • Fokuskan pandangan ke depan dan bersiap menyambut bola dengan cara membusungkan dan buka lebar bagian dada.
  • Ketika bola datang dan menyentuk bagian dada, tarik agak ke belakang supaya bola tidak memantul jauh kedepan.
  • Saat bola jatuh, gunakan kaki untuk menguasai bola dan lanjutkan dengan gerakan berikutnya.

Teknik Dasar Menghentikan Bola Menggunakan Paha

teknik kontrol menggunakan paha

Teknik dasar selanjutnya dalam menghentikan bola adalah menghentikan bola menggunakan paha. Hampir sama dengan cara menghentikan bola lainnya, menghentikan bola menggunakan paha sedikit butuh ketenangan. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Ketika bola datang, fokus pada datangnya bola dan persiapkan bagian kaki yang akan digunakan untuk mengontrol bola.
  • Amati datangnya bola yang melayang di udara.
  • Kemudian bergeraklah ke arah datangnya bola.
  • Jaga keseimbangan badan dan angkat satu kaki yang akan digunakan untuk menyambut bola.
  • Kemudian tekuk lutut hingga bidang datar paha berada tepat di bawah datangnya bola.
  • Tahan bola menggunakan bagian paha dengan sedikit melakukan gerakan ke bawah mengikuti arah jatuhnya bola.
  • Jatuhkan bola diantara kedua kaki dan lakukan gerakan lanjutan.

Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling)

teknik menggiring bola

Menggiring bola menjadi salah satu teknik dasar permainan sepak bola yang perlu dikuasi oleh seorang pemain. Kemampuan ini sangat berguna pada saat kondisi pemain satu lawan satu. Pada kondisi ini, pemain harus mahir menggiring bola melewati lawan. Menggiring bola merupakan gerakan membawa bola menggunakan kaki dengan cepat ke arah tertentu. Bisa dilakukan menggunakan kedua kaki secara bergantian atau menggunakan satu kaki.

Tujuan menggiring bola selain untuk melewati lawan, teknik ini memungkinkan pemain untuk lebih dekat dengan jarak sasaran. Sehingga memudahkan pemain untuk mendapatkan ruang dan mempermudah melakukan passing dekat, jauh maupun tendangan langsung ke arah gawang.

Terdapat beberapa teknik dasar dalam menggiring bola terlepas dari posisi pemain sepakbola atau formasi yang dijalankan. Cara melakukan dribbling atau menggiring bola yaitu membawa bola menggunakan kaki dan secara teratur mengatur langkah sekaligus mengontrol lajunya bola

Speed Dribbling (Teknik Menggiring Bola dengan Cepat)

teknik speed dribbling

Dalam dribbling dikenal teknik speed dribbling di mana kamu berlari, mendorong bola menggunakan kaki ke arah tertentu, dan mengejarnya. Teknik menggiring bola digunakan untuk melewati lawan guna mendapatkan ruang passing atau shotting langsung ke gawang. Pemain yang lihai melakukan teknik dasar ini biasanya memiliki kecepatan di atas rata-rata.

Close Dribbling (Teknik Menggiring Bola dalam Posisi Terdesak)

Teknik dasar close dribbling

Selain itu, ada pula closed dribbling. Closed dribbling adalah teknik menggiring bola pada saat sedang dikepung pemain lawan. Berada dalam posisi terjepit dan ruang gerak terbatas, seorang pemain bisa menggunakan teknik dasar ini untuk berkelit dan lepas dari kepungan. Cara melakukan teknik ini dengan cara menggiring dan mengontrol bola secara seksama dan melihat jeli celah yang bisa di eksploitasi.

Cara Menggiring Bola (Dribbling)

Terdapat tiga jenis cara menggiring bola atau dribbling dalam penerapannya. berikut beberapa jenis teknik dasar menggiring bola atau dribbling dan penjelasan singkatnya:

Teknik Dasar Menggiring dengan Punggung Kaki

ball dribbling

Teknik menggiring dengan punggung kaki dilakukan dengan cara mendorong bola menggunakan bagian punggung kaki. Usahakan jarak bola tidak jauh dari kaki, sehingga memudahkan untuk melakukan teknik ini. Lakukan beberapa kali dribbling, kemudian saat menghentikan bola gunakan telapak kaki. Teknik dasar ini biasanya digunakan saat pemain menggiring bola dalam kondisi berlari.

Teknik Dasar Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam

Modric Real Madrid
REUTERS/Juan Medina

Teknik dasar kedua, menggiring dengan kaki bagaian dalam, teknik ini dilakukan dengan cara mendorong bola menggunakan kaki bagian dalam. Putar pergelangan kaki keluar, kemudian dorong bola dengan kaki bagian dalam ke arah tertentu. Jaga jarak bola tetap dekat dengan kaki untuk memudahkan gerakan dilakukan berulang-ulang. Bola dihentikan dengan telapak kaki atau juga bisa menggunakan kaki bagian dalam.

Teknik Dasar Menggiring menggunakan Kaki Bagian Luar

      teknik dasar dribbling

Teknik menggiring bola yang tak jauh berbeda dengan dua teknik sebelumnya. Tahapan yang dilakukan pun sama dengan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam. Hanya saja untuk teknik dasar yang satu ini, kamu menggunakan kaki bagian luar untuk mendorong bola. Putar pergelangan kaki ke dalam, dorong bola kedapan dan lakukan gerakan tersebut berulang-ulang. Usahakan bola yang didorong tetap berada dalam jangkauan.

Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading)

teknik dasar menanduk

Teknik menyundul bola merupakan cara untuk menggapai bola yang terlalu tinggi untuk digapai bagian kaki, paha maupun dada. Teknik ini digunakan untuk menghalau bola, membobol gawang lawan dan, juga pasing.

Cara melakukan teknik ini, pemain harus mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk melompat menyundul bola. Kemudian gunakan kepala bagian depan agar mudah untuk mengarahkan bola sesuai keinginan. Bola akan meluncur terarah sesuai dengan tenaga dan akurasi sundulan. Ada beberapa macam teknik dalam menyundul bola. Berikut macam-macam teknik menyundul bola dan penjelasannya.

Macam-macam Teknik Menyundul Bola

Teknik menyundul bola jika dilihat dari cara melakukannya terbagi menjadi empat. Teknik menyundul bola dalam posisi badan berdiri, menyundul bola dengan cara melompat (jumping header), menyundul bola dalam kondisi berlari, dan menyundul bola dalam posisi badan melayang (diving header).

Menyundul Bola Dalam Posisi Badan Berdiri

Menyundul bola posisi berdiri

Untuk melakukan teknik menyundul bola dalam posisi badan berdiri yaitu meliputi:

  • Posisikan badan ke arah datangnya, jemput bola dan usahakan badan sedang tidak berdiri ditempat.
  • Fokus pandangan ke arah datangnya bola dan tekuk kedua kaki.
  • Condongkan badan sedikit ke belakang saat bola datang mendekat.
  • Bersiap untuk menerima bola, tekuk sedikit kedua kaki kemudian gunakan otot perut agar panggul dapat didorong dan luruskan kedua kaki dengan cara mendorongnya.
  • Saat bola datang, condongkan tubuh ke arah depan dan gunakan kepala bagian depan untuk menyambut bola.
  • Arahkan bola ke target yang hendak di tuju.

Menyundul Bola Dengan Cara Melompat (Jumping Header)

teknik meloncat menanduk bola

Menyundul bola atau heading sambil melompat memang kerap dilakukan oleh atlet sepak bola. Teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan awalan atau tanpa awalan sesuai dengan kondisi posisi pemain dan kenyamanan pemain dalam melakukannya.

Jika menyundul bola dilakukan dengan menggunakan awalan, dapat menggunakan salah satu kaki atau kedua kaki untuk dijadikan tumpuan awal tolakan. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Pandangan fokus ke arah datangnya bola
  • Bergerak maju menyongsong datangnya bola
  • Gunakan salah satu kaki atau kedua kaki untuk dijadikan tumpuan saat melakukan gerakan meloncat.
  • Tekuk kaki yang dijadikan tumpuan dan lakukan loncatan untuk menyongsong bola.
  • Gunakan kepala bagian depan untuk menyundul bola.
  • Arahkan bola ke area atau target yang hendak di tuju.

Sedangkan jika saat melakukannya tanpa menggunakan awalan maka kedua kaki digunakan untuk dijadikan tumpuan awal.

  • Pandangan fokus ke arah datangnya bola
  • Saat bola datang, tekuk kedua kaki sebagai tumpuan awal loncatan.
  • Lakukan loncatan saat bola datang dan gunakan kepala bagian depan untuk menyundul bola.
  • Arahkan bola ke area atau target yang hendak di tuju.

Teknik menyundul bola dengan cara melompat atau jumping header biasa digunakan dalam sebuah permainan untuk bertahan dan menyerang. Saat bertahan, teknik ini digunakan untuk menghalau serangan lawan. Umpan lambung atau crossing lawan di depan gawang dan dianggap sebagai ancaman bisa dicegah dengan teknik sundulan ini.

Teknik ini berguna juga dalam penyerangan. Saat menerima umpan lambung atau crossing di area pertahan lawan, dapat menggunakan gerakan ini untuk menyambut bola. Teknik ini berguna untuk mencetak gol ke gawang lawan atau melakukan umpan.

Menyundul Dalam Kondisi Berlari

menyundul bola

Teknik menyundul bola dalam kondisi berlari dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Berlari menuju arah datangnya bola
  • Pandangan fokus ke arah datangnya bola.
  • Lakukan gerakan menyundul bola.
  • Arahkan bola ke area atau target yang di tuju.

Teknik menyundul ini hampir sama dengan teknik menyudul bola dalam posisi berdiri. Letak perbedaanya hanya terletak pada gerakan lari menuju arah datangnya bola. Sama halnya juga dengan teknik sebelumnya, teknik ini juga bisa digunakan untuk menghalau serangan lawan dan digunakan untuk melakukan umpan atau mencetak gol ke gawang lawan.

Menyundul Bola Dalam Posisi Badan Melayang (Diving Header)

teknik diving header

Teknik sundulan yang paling sering digunakan untuk mencetak gol ke gawang lawan. Hasil tandukan akan sangat menawan jika arahnya tepat menemukan target dan sempurna. Akan tetapi teknik ini membutuhkan keberanian pemain dalam melakukannya. Saat melakukan gerakan ini pemain akan memadukan teknik melompat dan melayang diudara kemudian jatuh saat selesai melakukan sundulan ke bola. Teknik diving header digunakan untuk menyambut bola tanggung, bola dengan posisi ketinggian sedang diatas tanah.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi tentang teknik dasar dalam permainan sepakbola. Semua teknik tersebut saling berhubungan dan akan menjadi kombinasi apik apabila mampu mengaplikasikannya dalam sebuah permainan. Teknik dasar yang akan jadi pondasi untuk memahami sepak bola lebih dalam. Sebagai jalan masuk memahami sepak bola adalah sebuah sistem. Sistem yang berkaitan dengan bagaimana permainan dibangun serta aspek lainnya.

Baca juga: Pola Tiga Defender dalam Sepak Bola

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *