Teknik Menyundul Bola yang Wajib Kalian Kuasai

Teknik Menyundul Bola dalam sepakbola adalah teknik yang tak kalah penting untuk dimiliki oleh seorang pemain selain menendang dan menggiring bola.

Terlepas dari dimana posisi kalian bermain, apakah itu penyerang, bek, gelandang maupun penjaga gawang, teknik yang satu ini akan sangat berguna bagi permainan kalian.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan lebih dalam mengenai Prinsip dasar, tujuan dari teknik menyundul bola, cara menyundul yang baik dan benar dan variasi teknik menyundul. Semoga berguna, yuk sundul gan!

[toc]

Prinsip Dasar Teknik Menyudul Bola

Secara teori, teknik menyudul bola dapat di gunakan di berbagai posisi dan tujuan. Bagi pemain yang memiliki postur tubuh tinggi, teknik ini merupakan keuntungan terendiri. Yuk simak pembahasannya:

1. Oper Bola dengan Kepala

teknik sundul

Di beberapa kondisi, kadang pemain diharuskan untuk mengamankan bola atau mengoper ke teman dengan cepat. Heading dapat menjadi salah satu opsi untuk mengalirkan bola tanpa harus mengontrol lebih lama dengan kaki.

Selain untuk mengoper, heading juga kerap kali digunakan untuk mengumpan dan membuat peluang di kotak penalti lawan.

2. Mencetak Gol

Prinsip Dasar Teknik Menyudul Bola

Selain untuk mengoper bola, sundulan juga merupakan senjata yang sangat mematikan di kotak penalti lawan. Dalam penyelesaian umpan lambung, sundulan merupakan salah satu teknik cepat yang sangat mematikan.

Sang bintang Christiano Ronaldo sendiri pun mencetak lebih dari 100 goal menggunakan kepala di sepanjang kariernya.

3. Blok Serangan

Prinsip Dasar Teknik Menyudul Bola

Salah satu alasan mengapa bek memiliki postur dan lompatan yang tinggi ialah keunggulan pada teknik sundulan mereka. Duel lompatan di kotak penalti sering kali dapat merubah skor pertandingan.

Heading dapat sangat berguna untuk menghalau bola mati atau umpang lambung dari lawan dengan cepat untuk kemudian menurunkan ritme permainan lawan.

Selain itu menyundul bola kepada penjaga gawang juga cara yang tepat untuk mengamankan bola.

Teknik Dasar Menyundul Bola

Di Amerika, teknik heading tidak diperbolehkan untuk pemain muda dibawah 8 tahun. Hal ini disebabkan karena kontak bola dengan kepala dapat beresiko menyebabkan cidera parah.

Area kontak yang sangat vital mengharuskan pemain untuk paling tidak mengetahui dasar-dasar dari heading agar hal-hal yang diinginkan tidak terjadi.

Berikut teknik dasar dari heading yang perlu kalian ketahui:

  • Kontak dengan bola haruslah terjadi di kening (antara alis dan garis rambut)
  • Pemain harus menggunakan otot punggung dan perut untuk mendekati bola
  • Posisi punggung menekuk ke belakang ketika bola mendekat dan membungkut kedepan setelah menanduk bola.
  • Leher harus kaku, kalian dapat latihan dengan melipat dagu kearah dada untuk memperkeras leher.
  • Kepala begerak ke arah bola.
  • Mata harus tetap terbuka dan ketika bola mendekat.
  • Timing sangatlah penting!
  • Untuk keseimbangan, lutut harus sedikit ditekuk.

Cara untuk melakukan heading berbeda-beda sesuai dengan penggunaannya apakah itu untuk menyerang atau bertahan. berikut penjelasannya:

Teknik Sundulan untuk Bertahan

Pada saat bertahan, tujuan dari sundulan ialah untuk membersikan bola ke atas dan menjauh dari heading lawan.

Ketika menyundul bola keatas dengan tingi, dapat memberikan waktu bagi bek lain untuk mengatur kembali pertahanan. sedangkan menyundul bola ke arah jauh atau menyamping, dapat memblok ancaman secara langsung.

Untuk mengarahkan bola ke atas, pemain harus menempatkan dahi dan mata mereka di bawah bola dan menggunakan kaki mereka untuk mendorong ke atas. Penekanan pada header defensif adalah tinggi, jarak dan lebar.

Teknik Sundulan untuk Menyerang

Ketika menyundul untuk menyerang, fokus pemain ialah untuk mengarahkan bola ke garis gawang.

Mengarahkan bola ke arah bawah gawang merupakan spot yang sulit untuk di jangkau kiper ketika berada dalam kondisi duel udara.

Attacking heading berfokus pada pencarian area yang terbuka pada gawang. Posisi terbaik ialah ketika penyerang mendapati dahi dan mata di atas bola sehingga dapat mendorong bola ke bawah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *