in ,

Transfer Pemain Sepak Bola (Penjelasan Alur & Proses Tranfer Pemain)

Transfer pemain – Dalam sepak bola, tranfer pemain adalah perpindahan pemain profesional sepak bola yang terikat kontrak dengan sebuah klub ke klub lainnya. Dalam proses perpindahan tersebut terdapat kompensasi yang diberikan oleh klub peminat kepada klub pemilik pemain yang bersangkutan. Nilai transfer akan disesuaikan dengan jumlah yang disepakati antara klub lama, manajemen, pemain dan klub.

Akan tetapi proses transfer pemain bola bisa dilakukan tanpa kompensasi apapun/gratis apabila masa kontrak pemain telah habis sementara klub tidak berniat melakukan perpanjangan kontrak. Sehingga pemain yang bersangkutan berstatus free transfer atau tidak bermain untuk klub manapun.

Selain itu, klub juga bisa melakukan pertukaran pemain sebagai alternatif proses transfer pemain, baik barter secara langsung atau barter sebagai opsi tambahan dalam sebuah proses transfer pemain.

Bursa transfer atau jendela transfer dibuka ketika musim kompetisi berakhir hingga musim baru dimulai dan di pertengahan musim. Di Eropa transfer window dibuka pada bulan Juli-awal september dan pertengahan musim selama bulan Januari.

Proses transfer pemain biasanya alot di tahap awal, proses negosiasi klub dengan pemain kerap membutuhkan waktu panjang mencapai kesepakatan. Bisa memakan waktu dari awal transfer window dibuka hingga menjelang detik akhir waktu transfer. Di tahap awal ini juga menjadi bahan gosip transfer menarik bagi jurnalis sepak bola untuk diberitakan sebagai info transfer pemain.

Adanya transfer pemain berkaitan langsung dengan supply dan demand. Klub yang membutuhkan pemain akan mencari tambahan skuad ke klub lain yang kebetulan memiliki pemain yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkannya.

Bagaimana terjadinya proses transfer pemain, berikut alur dan penjelasannya?

Klub Butuh Pemain Baru

transfer pemain baru

Manajer atau pelatih di sebuah klub biasanya mengusulkan kepada manajemen untuk merekrut pemain untuk memperbaiki kekuatan tim berdasarkan kriteria yang dibutuhkannya. Kemudian usulan ini ditindaklanjuti oleh tim pemandu bakat dengan menyampaikan daftar pemain yang dimilikinya. Berdasarkan daftar tersebut pelatih akan memilih pemain yang diperkirakan mendekati kebutuhan timnya.

Biasanya, daftar pemain incaran disesuaikan dengan dana transfer yang disediakan manajemen klub. Jadi, apabila klub tidak memiliki dana yang memadai untuk mengincar pemain bintang yang diinginkan, maka pelatih harus memutar otak untuk tetap memperkuat skuadnya dengan dana yang tersedia.

Pemantauan pemain yang akan ditransfer

Pemantauan pemain incaran menjadi tugas khusus tim pemandu bakat. Akan tetapi, pelatih juga kerap ikut terlibat dalam proses ini. Banyak cara yang dilakukan untuk melakukan pemain, diantaranya bisa melalui video rekaman pertandingan, bertanya pada agen pemain dan rekan satu tim. Melihat langsung penampilan pemain yang diincar menjadi opsi yang banyak dipilih.

Pelatih atau manajer bisa menonton cuplikan penampilan berulang kali untuk memutuskan merekrut seorang pemain. Dalam tahap ini klub peminat hanya bisa melihat penampilan pemain tanpa bisa melakukan pembicaraan dengan targetnya.

Negosiasi Transfer Pemain ke Klub Pemilik

daftar transfer pemain

Setelah yakin dengan pemain pilihannya, berikutnya adalah bertanya ke klub asal pemain. Menanyakan apakah pemain yang bersangkutan masuk dalam daftar transfer atau sama sekali klub pemilik tidak berniat untuk menjual. Apabila klub pemilik menyatakan si pemain boleh ditransfer dengan biaya yang sudah dipatok. Saat itulah klub peminat boleh malakukan pembicaraan dengan pemain yang diminati.

Apabila klub pemilik belum mengizinkan, klub peminat tidak boleh melakukan pembicaraan apapun. Jika diketahui melakukan pendekatan tanpa sepengetahuan klub pemilik, klub peminat bisa diadukan ke FIFA.

Klub peminat dapat mendapatkan sanksi tegas dari FIFA. Sanksi larangan melakukan transfer pemain dalam jangka waktu tertentu akan menjadi hukuman bagi klub yang melakukan pendekatan secara ilegal.

Proses Negosiasi Transfer lewat Agen Pemain

bursa transfer pemain eropa

Jika klub pemilik sudah memberikan lampu hijau, klub peminat diperbolehkan berbicara langsung kepada pemain yang diincar. Namun, pemain profesional biasanya menyerahkan negosiasi dengan klub peminat kepada agen. Para agen pemain ini yang akan memfasilitasi kebutuhan yang dimiliki kedua belah pihak. Tak jarang para agen pemain menawarkan kliennya kepada klub-klub yang diperkirakan memiliki ketertarikan.

Baca Juga: Teknik dasar menyundul bola

Negosiasi Personal Term

Proses negosiasi antara klub dengan pemain sering tak kalah alot dengan pembicaraan diantara kedua klub. Disini akan dibahas berbagai klausul yang harus menguntungkan kedua belah pihak. Termasuk nilai kontrak atau gaji yang akan diberikan kepada pemain.

Begitu pula dengan hitungan bonus yang akan didapat jika pemain mampu memberikan prestasi kepada calon klub barunya kelak. Kendala yang sering muncul dalam proses ini umumnya terkait dengan jumlah pembayaran yang disodorkan klub peminat.

Melakukan Tes Medis

Jika sudah terjadi kesepakatan nilai transfer dan kontrak, kini saatnya pemain melakukan serangkaian tes medis. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan pemain. Apakah kondisi fisik pemain tersebut bagus dan siap untuk melakoni banyak pertandingan atau justru didiagnosis bakal mendapat banyak masalah akibat buruknya kondisi fisik.

Tes medis juga bisa dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan kesehatan pemain yang buruk. Sehingga langkah-langkah antisipasi atau pengobatan sudah bisa disiapkan sejak dini.

Apa yang terjadi jika Tes Medis gagal ???

transfer pemain chelsea

Kejadian gagalnya pemain pindah klub akibat gagal tes medis memang jarang terjadi. Namun, kegagalan tes medis bisa mengakibatkan batal pindahnya sorang pemain ke klub baru. Kasus ini sempat dialami Aly Cissokho saat diminati AC Milan.

Milan yang sudah sepakat dengan nilai transfer Cissokho dari FC Porto akhirnya batal melanjutkan proses karena Cissokho gagal melewati tes medis. Hal serupa sempat terjadi pada Radamel Falcao.

Saat itu Falcao yang berstatus pemain Monaco, dipinjamkan ke Manchester united dan Chelsea. Mendapatkan kesempatan menit bermain yang sedikit, dia memutuskan untuk kembali ke Monaco.

Pada bulan Januari 2015 dia memutuskan keluar. Dia dijadwalkan akan kembali ke klub induknya, Monaco untuk paruh kedua musim 2014/2015. Namun akhirnya dia tetap di Chelsea karena gagal tes medis di Monaco.

Dari kasus kedua pemain tersebut menunjukkan bahwa hasil tes medis bisa membuat proses transfer yang sudah setengah jalan dibatalkan.

Teken Kontrak Pemain Baru

transfer pemain terbaru

Penandatangan kontrak oleh pemain adalah momen yang paling ditunggu oleh klub peminat. Dengan menandatangai kertas kontrak, maka sah secara hukum pemain yang bersangkutan akan terikat kontrak sesuai dengan durasi yang disepakati bersama.

Penandatangan kontrak sering dilakukan setelah pemain dinyatakan lolos dari tes medis. Proses ini menjadi sebuah seremoni dari proses negosiasi yang telah berlangsung sebelumnya. Sebagai bentuk pengukuhan secara hukum atas kontrak antara pemain dengan klub.

Transfer Pemain Disahkan dengan ITC

International Transfer Certificate (ICT) dari klub lama menjadi bukti sah secara hukum kepemilikan pemain oleh klub barunya. Salah satu hal penting dalam proses transfer. ICT menunjukkan bahwa pemain yang ditransfer sudah secara resmi terdaftar di klub yang berafiliasi dengan FIFA selaku regulator untama transfer pemain dunia.

Ada aturan yang mengatur bagi pemain yang berasal dari luar negeri. Mereka memiliki kewajiban untuk mengurus surat izin bekerja di negara yang bersangkutan. Jika pemain tersebut tidak memiliki surat izin bekerja, dapat dipastikan pemain baru ini tidak akan bisa bermain.

Pada musim 2017/2018, Douglas Luiz yang saat itu berstatus pemain Manchester City Sempat mengalami masa peminjaman ke Girona sebelum akhirnya bisa pindah ke Inggris. Pasalnya, Premier League memberlakukan aturan pemain asing yang bermain disana harus pernah tampil sekian pertandingan bersama timnas negaranya. Selain itu, negara asal pemain bersangkutan berperingkat 70 besar FIFA.

Perkenalan Pemain Baru kepada Fans

Sesi perkenalan merupakan hal yang dinanti oleh para fans untuk menyambut pemain baru di klub. Hal ini menjadi titik awal kedekatan seorang pemain dengan penggemarnya. Selain itu, perkenalan pemain bisa menjadi alat promosi jajaran manajemen kepada suporter bahwa mereka berhasil mendapatkan pemain bintang untuk memperkuat skuad di musim baru.

Artikel terkait: Logo Klub Sepak Bola Unik

What do you think?

Written by Eno Ismail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pola Tiga Defender (Peralihan Formasi Club-club Sepak Bola Di Eropa)